Senin, 23 Mei 2016

Selain di Cilacap, Arab Saudi Berkomitmen Bangun Kilang Minyak di Balongan dan Dumai

Presiden Joko Widodo menerima
kunjungan Pangeran Al Waleed Bin
Talal Bin Abdulaziz Alsaud.
Foto: Biro Pers Setpres
Jakarta, OG Indonesia -- Pemerintah Indonesia dan Arab Saudi terus meningkatkan kerjasamanya untuk urusan pembangunan kilang minyak. Setelah akan segera memulai pembangunan kilang minyak di Cilacap, Aramco dari Arab Saudi juga berkomitmen untuk mengerjakan pembangunan kilang di Balongan dan Dumai.


Presiden Joko Widodo menerima kunjungan kehormatan Pangeran Arab Saudi, Pangeran Alwaleed Bin Talal Bin Abdulaziz Alsaud, di Istana Bogor, Minggu sore 22 Mei 2016.

Dalam keterangan pers usai pertemuan, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi yang mendampingi Presiden dalam pertemuan tersebut mengutarakan bahwa Pangeran Alwaleed berniat untuk meningkatkan investasinya di Indonesia. Pangeran Alwaleed sendiri merupakan chairman dari Kingdom Holding Company dan Alwaleed Philantropis yang telah menanamkan investasinya di seluruh dunia.

"Jadi baru saja Presiden menerima kunjungan kehormatan Pangeran Alwaleed. Dalam pertemuan tersebut disebutkan mengenai keinginan dari Pangeran Alwaleed untuk meningkatkan investasinya di Indonesia," terang Retno Marsudi.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Sudirman Said, yang turut mendampingi Presiden Joko Widodo dalam pertemuan tersebut menambahkan bahwa kunjungan Pangeran Alwaleed merupakan bagian dari proses penguatan kerja sama ekonomi antara pemerintah Indonesia dengan Arab Saudi yang dimulai sejak kunjungan Presiden Joko Widodo pada September 2015.

Pembicaraan kerja sama yang telah dilakukan antara Pemerintah Indonesia dengan Arab Saudi menghasilkan beberapa kesepakatan, salah satunya adalah untuk memulai pembangunan kilang minyak di Cilacap, Jawa Tengah.

"Dalam waktu dekat kilang minyak Cilacap itu akan dimulai proses pembangunannya. Besok pagi di Pertamina akan ditandatangani satu perjanjian untuk dilakukan 'basic engineering' yang menandai dimulainya proses pengembangan kilang Cilacap," tambah Menteri ESDM.

Lebih jauh, Sudirman Said menjelaskan bahwa selain pengembangan kilang minyak di Cilacap, Aramco sebagai pihak yang terkait dalam kerja sama tersebut juga berkomitmen untuk mengerjakan dua kilang minyak lainnya, yaitu di Balongan (Jawa Barat) dan Dumai (Riau). RH