Rabu, 25 Mei 2016

Telan Biaya US$ 1,5 Juta, IPA Convex 2016 Jangan Jadi Forum Keluhan

IPA Convex 2016 dibuka oleh Menko
Perekonomian Darmin Nasution.
Foto: Ridwan Harahap
Jakarta, OG Indonesia –Pertemuan dan pameran industri hulu migas terbesar Indonesia, The 40th  IPA Convention and Exhibition 2016 kembali digelar tahun ini. Menteri ESDM Sudirman Said mengingatkan agar IPA Convex 2016 yang menelan biaya besar ini tak jadi forum keluhan dari para pelaku usaha migas.

IPA Convex pada tahun ini diungkapkan Menteri ESDM menelan biaya US$ 1,5 juta. “Dengan biaya 1,5 juta dollar, saya berharap jangan jadi forum keluhan tapi jadi forum diskusi,” kata Sudirman Said saat memberi sambutan dalam acara pembukaan IPA Convex 2016 di JCC Jakarta, Rabu (25/05).

Disampaikan Sudirman, industri hulu migas adalah industri yang selama ini dibayar dengan layak. Sehingga jika sekarang dites dengan kondisi yang sedang sulit maka semua pelaku di sektor migas tidak boleh saling menyalahkan.

”Ini adalah masa dites apakah perusahaan migas bisa jadi champion atau tidak,” tuturnya. “Saya rasa industri migas ini tetap akan survive kalau kita temukan solusi yang cerdas,” sambung Sudirman.

Pemerintah sendiri terus mencari cara dan kesempatan agar terlepas dari arus perlambatan ekonomi dunia pada saat ini. Hal tersebut disampaikan oleh Menko Perekonomian Darmin Nasution. Karena itu pemerintah akan terus melakukan reformasi terutama terkait kemudahan perijinan.

“Pemerintah melakukan reformasi pelayanan perijinan dengan mengeluarkan 12 Paket Ekonomi,” ucap Darmin. “Setelah diberi kemudahan perijinan, kita harus memberi prioritas kepada industri yang harus didorong, dan kita mulai masuk ke area ini dengan mendorong sektor hulu migas,” pungkasnya. RH