Senin, 27 Juni 2016

Meditran SX Bio Lindungi Mesin Kendaraan Berbahan Bakar Biodiesel

Syafanir Sayuti (berdiri) dan Mia Krishna A
(kedua dari kanan) menarangkan produk
Meditran SX Bio kepada wartawan.
Foto: Ridwan Harahap
Jakarta, OG Indonesia -- PT Pertamina Lubricants sebagai pemimpin pasar bisnis pelumas otomotif dan industri di Indonesia mengeluarkan produk pelumas terbarunya. Produk yang diberi nama Meditran SX Bio tersebut dibuat pas untuk mesin kendaraan berbahan bakar biodiesel.

Seperti diketahui, Permen ESDM No. 32 Tahun 2008 telah mengamanatkan penggunaan bahan bakar nabati untuk sektor industri, komersial dan transportasi. Seiring dengan itu sejak awal tahun 2016 ini, diberlakukan pula mandatori B20 untuk sektor transportasi di mana sebesar 20% biodiesel sudah dicampur dalam produk Bio Solar Pertamina.

Menyikapi hal tersebut, Pertamina Lubricants meluncurkan produk Meditran SX Bio sebagai wujud nyata dukungan Pertamina terhadap program pemerintah tersebut. Di mana produk tersebut cocok untuk mendukung mesin kendaraan yang menggunakan bahan bakar B20.

Diterangkan oleh Syafanir Sayuti, VP Marketing Retail PT Pertamina Lubricants, produk Meditran SX Bio ini sebenarnya sudah diluncurkan sejak akhir tahun 2015 lalu. "Produk ini diperuntukkan bagi kendaraan diesel yang berbahan bakar Bio Solar yang sesuai ketentuan pemerintah harus mengandung B20," kata Syafanir di Jakarta, Senin (27/06).

Dengan pilihan performance level API CH4 dan API CI4 Plus, varian Meditran SX Bio tersedia untuk kendaraan penumpang, bus, truk, serta mesin-mesin industri. Dipaparkan oleh Mia Krishna A, Lubricant Product Development Pertamina, produk Meditran SX Bio ini diklaim dapat melindungi mesin saat terjadi kontaminasi biodiesel ke dalam pelumas.

"Minusnya (biodiesel) itu, karena dia punya sifat membersihkan yang baik maka dia suka melarutkan kotoran-kotoran di jalur yang dilewati, salah satunya di tangki bahan bakar. Kalau kotoran ini terbawa ke mesin injektor bahan bakar bisa rusak, maka rusaklah pembakaran, rusaklah olinya, dan seterusnya," bebernya panjang. 

Dengan menggunakan Meditran SX Bio, dikatakan Mia, maka mesin tetap bisa terlindungi ketimbang menggunakan pelumas biasa. Sebab Meditran SX Bio tetap mampu memberikan performa unggul bagi mesin dan menghindari terjadinya pengentalan pelumas saat terjadi kontaminasi biodiesel ke dalam pelumas.  

Mia menambahkan, produk pelumas ini bahkan tak hanya cocok untuk bahan bakar B20 dengan kandungan biodiesel sebesar 20%, tapi bahkan hingga B50 alias kandungan biodiesel mencapai 50%. "Kami mendesain ini dengan bahan bakar sampai B50. Tapi kami tidak mau over claim, selama pemerintah pakai B20 kami akan bilang untuk B20," tuturnya. 

Produk Meditran SX Bio dijual Pertamina Lubricants  dengan harga Rp 83.000 untuk kemasan 1 liter dan Rp 208.000 untuk kemasan 4 liter. Di samping itu tersedia pula kemasan drum dengan takaran 209 liter. RH