Kamis, 02 Juni 2016

PLTMG Terbesar Diresmikan Jokowi Hari ini


Aceh, OG Indonesia-- Presiden Joko Widodo hari ini dijadwalkan meresmikan beroperasinya Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) yang konstruksinya dibangun oleh PT Wijaya Karya Tbk (WIKA) dan berlokasi di Arun, Lhokseumawe, Aceh. PLTMG ini memiliki kapasitas 184 Mega Watt (MW) sehingga menjadikan PLTMG terbesar di Indonesia. 





"Untuk pembangkit listrik dengan teknologi Mesin Gas, ini adalah yang terbesar di Indonesia. Yang lain, ada di Bangkanai, Kalimantan, bentuknya PLTMG juga hanya 150 MW. Tapi belum beroperasi. Jadi sejauh ini di Indonesia, PLTMG ini yang terbesar di Indonesia," ujar Manager Proyek Adi Widyo Nugroho di lokasi proyek, Arun, Lhokseumawe, Aceh (2/6/2016).
Memakan waktu pembangunan kurang lebih 18 bulan, mesin PLTMG sebagai komponen utamanya didatangkan dari Finlandia.



"Untuk mesin, penyedia kami dari Wartsila OY dari Finlandia. Mesin produksi Wartsila termasuk yang unggul karena punya efisiensi yang tergolong tinggi. Kita juga sebelumnya pernah kerja sama dengan Wartsila untuk pembangunan Pembangkit Diesel di Timor Leste. Sehingga kami sudah tahu kualitasnya," sambungnya.

Pembangunan PLTMG sendiri dimulai sejak 31 Juni 2014 dan telah selesai pada 22 Desember 2015 atau 9 hari lebih awal dibandingkan target kontrak yang ditetapkan rampung 31 Desember 2015.

Adi mengatakan, sejak rampung pada 22 Desember 2015, PLTMG ini sudah beroperasi penuh dengan menghasilkan listrik 184 MW yang langsung bisa dimanfaatkan oleh masyarakat yang tersambung dengan jaringan listrik milik PLN.

Adapun proyek ini memiliki nilai kontrak pembangunan mencapai 81 juta euro ditambah Rp 321 miliar. 

"Kalau dengan kurs tahun 2013, total nilai proyek sekitar Rp 1,3 triliun. Kalau dengan kurs sekarang Rp 15.500/euro, berarti sekitar Rp 1,5-1,6 triliun," pungkasnya.