Rabu, 01 Juni 2016

PNS Malas, Waspada Diberhentikan


PNS Malas Bisa Dipecat, Yang Rajin Bisa Naik JabatanJakarta, OG Indonesia-- Lewat aturan yang rencananya bakal dikeluarkan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) tahun ini, Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang dinilai malas terancam diberhentikan sebelum masa kerjanya berakhir. Bagaimana dengan sebaliknya?



Sebaliknya, ada penghargaan tersendiri bagi mereka yang berkinerja baik dan punya kompetensi memadai sesuai dengan bidang kerjanya.

"Kalau dia (PNS) berkinerja baik, dari segi kompetensi juga sesuai, maka dia akan dipertahankan. Malah kalau perlu dia dipromosikan untuk naik jabatan," ujar Deputi SDM Aparatur Kementerian PAN-RB, Setiawan Wangsaatmaja, Selasa (31/5/2016).

Dengan cara ini, diharapkan personel-personel yang bekerja di instansi pemerintah bisa lebih semangat menjalankan tugasnya.

Hal ini diperlukan, lantaran target pembangunan yang dicanangkan pemerintah saat ini jauh lebih besar. Sehingga, membutuhkan personel PNS yang cekatan dan mau bekerja keras.

Setiawan melanjutkan, mereka yang akan menerima rasionalisasi adalah mereka yang cenderung malas dan tidak disiplin.

"Pokoknya mereka yang kita anggap sudah tidak bisa berkembang. Sudah produktivitasnya rendah, sudah kita beri diklat juga dia nggak berkembang, produktivitasnya gitu-gitu saja, ya apa boleh buat," pungkasnya.