Selasa, 28 Juni 2016

Stok BBM Masa Lebaran Cukup untuk 30 Hari

Andy N. Sommeng, Kepala BPH Migas
(tengah) pastikan stok BBM Lebaran aman.
Foto: Ridwan Harahap
Jakarta, OG Indonesia --  Kepala BPH Migas Andy Noorsaman Sommeng menegaskan bahwa stok BBM selama masa libur Lebaran nanti akan aman di mana secara rata-rata bisa mencukupi sampai 30 hari.

"Rata-rata stok operasional Pertamina rata-rata kebanyakan 30 hari," kata Andy dalam konferensi pers di Gedung BPH Migas, Jakarta Selatan, Selasa (28/06). "Jadi untuk stok aman, di tiap Terminal BBM (TBBM) aman," sambungnya.

Dipaparkan olehnya, berdasarkan data terbaru per 26 Juni 2016, Pertamina bisa menjaga stok produk Premium bisa untuk 21,93 hari, Pertamina Dex hingga 89,82 hari, Solar 28,94 hari, Avtur 25,72 hari, Pertamax 25,98 hari, Pertamax Plus 30,82 hari, dan Pertalite 3,06 hari.

"Sejak 2-3 tahun yang lalu sudah disediakan juga oleh Pertamina, produk Bahan Bakar Kemasan (BBK) mulai dari 5 liter, 10 liter, dan sebagainya untuk Pertamax, Pertamax Plus dan Pertamina Dex yang bisa didapatkan di setiap SPBU di jalur mudik," ujar Andy. 

Ditambahkan Andy, selama masa Lebaran nanti BPH Migas melakukan beberapa persiapan guna menjami ketersediaan BBM. Mulai dari pembentukan Posko Hari Raya Idul Fitri 1437 BPH Migas, monitoring langsung di lapangan, hingga berkoordinasi dengan Pertamina dan PT AKR Corporindo dalam mengamankan pasokan BBM selama masa Lebaran yang biasanya terjadi peningkatan konsumsi sekitar 10-11 persen.

"Salah satu yang dilakukan Pertamina adalah di TBBM ada switching tangki timbun BBM. Jadi misal sekarang Solar konsumsinya rendah bisa digunakan untuk Premium. Demikian juga untuk tangki di SPBU," paparnya. 

"Ada juga mobil tangki yang stand sehingga kalau ada kemacetan orang bisa membeli ke mobil-mobil tangki tersebut," tutup Andy. RH