Kamis, 28 Juli 2016

Sertijab Menteri ESDM: Dari Tempelan Bahu, Dinosaurus, Sampai Jualan Telur

Sudirman Said menyambut Arcandra Tahar
yang baru tiba di Kementerian ESDM.
Foto-foto: Ridwan Harahap
Jakarta, OG Indonesia -- Santai tapi pasti Sudirman Said melangkah. Bersama sang istri Astried Swastika serta diiringi beberapa pejabat Kementerian ESDM, ia bergerak menuju Gedung Heritage di Kementerian ESDM hendak menyambut Menteri ESDM baru Archandra Tahar.

Saat itu, Rabu (27/07), sekitar pukul 4 sore. Ia melintas di sisi lapangan rumput hijau di tengah-tengah komplek Gedung Kementerian ESDM yang baru rampung setelah ditata cantik pada eranya menjabat. Tak lupa Pak Dirman menyapa beberapa wartawan termasuk OG Indonesia yang ditemuinya tengah duduk di depan area masjid Kementerian ESDM.


Sudirman Said dengan istri salah
tingkah digoda oleh para wartawan.
Tiba di Gedung Heritage, Sudirman Said bersama istri, pejabat Kementerian ESDM, dan para wartawan menanti dengan sabar sang menteri baru. Guna membunuh waktu para wartawan yang biasa mencari berita di Kementerian ESDM mencoba menggoda Pak Dirman dan istrinya yang baru dinikahinya awal Juni lalu. "Sekarang berduaan terus nih pak," celetuk seorang wartawan disambut tawa. Sudirman Said dan istri pun salah tingkah, cuma bisa saling tempelan bahu layaknya dua sejoli.

Yang dinanti akhirnya tiba. Menteri ESDM yang baru dilantik Presiden Jokowi di istana yaitu Arcandra Tahar datang bersama istrinya, Paulin Tahar. Sudirman Said menyambutnya, menyalaminya, dan memperkenalkannya dengan sejumlah pejabat Kementerian ESDM yang berdiri rapih berseragam putih.

Tak lama berselang serah terima jabatan (sertijab) Menteri ESDM dilangsungkan di Gedung Setjen Kementerian ESDM. Dalam pidato perpisahannya, Sudirman Said bersyukur bisa mengarungi dengan baik 21 bulan masa jabatannya yang diberikan oleh Presiden. "Saya diberi kesempatan bekerja dengan rekan-rekan, mengabdi kepada masyarakat dan negara, suatu periode yang singkat, dan periode ini penuh dengan dinamika yang luar biasa," ucapnya.

Terkait menteri baru, Sudirman Said mengungkapkan bahwa ia baru pertama kali bertemu dengannya. Namun bukan berarti ia tak tahu Arcandra Tahar. Dunia informasi yang terbuka lebar saat ini memudahkannya mencari tahu siapa sosok baru di Merdeka Selatan 18 tersebut. "Dari background bapak sangat mumpuni untuk menjadi Menteri ESDM," ujarnya.

Ia pun berharap agar Menteri ESDM baru dapat melanjutkan program-program positif dari Kementerian ESDM. "Saya ingin mengatakan kapan pun saya dibutuhkan, saya siap diundang untuk share apa pun yang menjadi pengalaman pada dua tahun ini," kata Sudirman Said.


Serah terima jabatan Menteri ESDM.
Arcandra Tahar pun berterimakasih atas kinerja dan pencapaian Sudirman Said selama menjabat Menteri ESDM. "Beberapa lorong yang dulunya gelap sekarang sudah dapat kita lihat dengan jelas, untuk itu mari kita lanjutkan," jelas Arcandra dalam sambutannya.

Ia pun menekankan pentingnya transformasi termasuk di sektor energi dan sumber daya mineral. Karena siapa yang mau berubah pasti akan bertahan. Arcandra pun mengisahkan riwayat dinosaurus yang besar-besar namun akhirnya punah karena tak bisa beradaptasi. Lalu ada pula cerita tentang perusahaan Nokia yang suatu waktu berjaya menguasai pasar ponsel, namun kini seolah tergilas oleh kehadiran smartphone.

"Transformasi sektor ESDM adalah suatu keharusan, bukan pilihan," tegasnya. "Pertama, dengan menjamin sumber daya alam kita dengan dikelola kebermanfaatannya untuk kemakmuran rakyat Indonesia. Kedua, menjamin kedaulatan energi baik dari segi pengelolaan, suplai, maupun ketersediaannya untuk masyarakat dan industri. Ketiga, menjamin investasi baik yang berasal dari dalam dan luar negeri sesuai dengan koridor hukum dan perundang-undangan sehingga menciptakan lapangan pekerjaan dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi lewat kerjasama yang saling menguntungkan," paparnya panjang.


Sudirman Said berfoto bersama dengan
jajaran pejabat di Kementerian ESDM.
Selepas sertijab, Sudirman Said diajak berfoto bersama dengan sejumlah pejabat dan karyawan di Kementerian ESDM. Saat ditanya wartawan hendak apa selepas tak lagi menjadi menteri, Sudirman Said dengan santai menjawab akan pulang kampung ke Brebes. "Mau belajar dagang telor," tambahnya sambil tersenyum. 

Sementara itu Menteri ESDM Arcandra Tahar ketika selesai acara langsung dikerumuni oleh wartawan yang melontarkan aneka pertanyaan. Namun ia hanya tersenyum dan tak menjawab pertanyaan wartawan sambil terus berjalan menuju mobilnya. Di belakang ada sang istri didampingi seorang istri pejabat Kementerian ESDM menyusulnya. "Nanti akan begitu terus tuh Bu," bisik istri pejabat tersebut kepada Paulin Tahar tentang posisi suaminya yang akan dikejar-kejar wartawan terus nantinya.

Arcandra Tahar mungkin belum mau menjawab wartawan di awal masa kerjanya. Namun apakah Menteri ESDM baru ini bisa menjawab amanah Jokowi? Hanya waktu yang bisa menjawabnya. Kita nantikan saja... RH