Jumat, 22 Juli 2016

Sumur Minyak Tua Wonocolo akan Jadi Obyek Wisata

Kepala SKK Migas Amien Sunaryadi
menyampaikan ide menjadikan sumur
minyak tua Wonocolo jadi obyek wisata.
Foto: Ridwan Harahap
Jakarta, OG Indonesia -- Sumur minyak tua di daerah Wonocolo, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur akan dimanfaatkan menjadi obyek wisata dengan nama "Little Texas Wonocolo". Diharapkan obyek wisata tersebut nantinya bisa menjadi tempat penghidupan baru bagi masyarakat setempat yang selama ini mencari nafkah dari sumur minyak ilegal di daerah tersebut.


Dikatakan oleh Kepala SKK Migas Amien Sunaryadi di daerah Wonocolo berdasarkan catatan resmi terdapat 275 sumur minyak tua. "Tapi di lapangan ada lebih dari 720 sumur tua," kata Amien Sunaryadi di acara 'Capaian Industri Migas di Semester I 2016' di Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat (22/07). "Jumlahnya sangat banyak tapi yang lebih banyak yang ilegal," sambungnya.

Tak heran ada sekitar 2.400 orang yang menggantungkan hidupnya dari mengambil minyak mentah dari sumur-sumur minyak tua di Wonocolo. Karena itu, untuk menghilangkan kegiatan penambangan minyak ilegal di wilayah tersebut dengan tanpa menghilangkan sumber penghidupan penambang minyak ilegal, pemerintah bermaksud menjadikan Wonocolo sebagai daerah wisata dengan mengakomodasi para penambang minyak sebagai pekerja di tempat wisata baru tersebut.

"Pekerja-pekerja yang mengangkat dan mengangkut minyak dari sumur tua ini akan mendapatkan penghasilan dari sektor wisata," ucapnya. 

Dikatakan Amien, dengan adanya sumber penghasilan baru diharapkan warga setempat menjadi kondusif jika sumur-sumur minyak tuanya ditutup. "Jadi SKK Migas tidak bergerak menjadi institusi pariwisata tapi tujuannya supaya 2.400 orang yang bekerja di sana tidak kita matikan," tuturnya.

Diceritakan Amien, saat ini pihak Pertamina EP sudah diminta untuk melakukan seismik di wilayah Wonocolo untuk mengetahui kandungan minyak yang masih ada di sana. RH