Jumat, 22 Juli 2016

Tingkatkan Cadangan Migas, Pertamina EP Lakukan Eksplorasi di Tuban


Tuban, OG Indonesia -- PT Pertamina EP, anak usaha PT Pertamina (Persero) yang juga merupakan Kontraktor Kontrak Kerjasama di bawah naungan SKK Migas, terus berupaya mencari cadangan migas untuk pemenuhan Cadangan Energi Indonesia.

PT Pertamina EP secara agresif melakukan kegiatan eksplorasi di WKP (Wilayah Kerja Pertambangan) yang dikelola, salah satunya kegiatan eksplorasi di Tapen. Sumur Tapen berlokasi di Desa Sidoharjo, Kecamatan Senori, Kabupaten Tuban, Jawa Timur. 

Direktur Hulu PT Pertamina (Persero) Syamsu Alam menyampaikan bahwa meskipun kondisi harga minyak mentah dunia cenderung rendah, aktifitas eksplorasi tidak boleh berhenti karena nafas industri hulu migas terletak pada penemuan cadangan baru.

"Direksi dan Manajemen PT Pertamina (Persero) berkomitmen untuk mendorong investasi di sektor hulu, terutama kegiatan eksplorasi dalam rangka pencarian casangan baru. Seperti yang dilakukan oleh PT Pertamina EP saat ini di Sumur Tapen, struktur yang dibor pertama kali tahun 1998 dan dilanjutkan kembali sejak Tahun 2012 yang lalu ini merupakan salah satu harapan bagi kami untuk penemuan cadangan baru. Harapannya cadangan di Tapen ini besar," papar Syamsu Alam dalam siaran pers yang diterima OG Indonesia, Jumat (22/07).

Sementara itu, President Director PT Pertamina EP Rony Gunawan menyampaikan bahwa saat ini PT Pertamina EP sedang melakukan pemboran delineasi Sumur TPN-2 pada 2016. "Pemboran Sumur TPN-02 ini untuk pembuktikan jumlah cadangan hidrokarbon yang terperangkap pada struktur Tapen," katanya.

"Setelah pemboran sumur delineasi TPN-2, struktur Tapen akan ditindaklanjuti dengan Penentuan Status Eksplorasi (PSE) dan selanjutnya akan dilakukan POD," pungkas Rony. RH