Rabu, 10 Agustus 2016

Kementerian ESDM Ternyata Belum Diberitahu Terkait Wacana PLN Akuisisi PGE

Pihak Kementerian ESDM mengaku belum
diberitahu wacana akuisisi PGE oleh PLN.
Foto: Ridwan Harahap
Jakarta, OG Indonesia -- Rencana Menteri BUMN Rini Soemarno yang ingin PLN mengakuisisi anak usaha Pertamina di bidang usaha panas bumi yaitu Pertamina Geothermal Energy (PGE) ternyata belum diberitahukan ke Kementerian ESDM. Direktur Jenderal EBTKE Kementerian ESDM Rida Mulyana memperkirakan wacana tersebut hanya tes ombak saja.

"Wacana PGE dan PLN untuk digabungkan, terus terang kami selaku penanggungjawab sektor di kelistrikan sampai saat ini belum menerima pemberitahuan terkait hal itu," kata Rida Mulyana saat acara konferensi pers IIGCE 2016 di JCC Jakarta, Rabu siang (10/08) tadi.

Rida mengatakan bahwa pihak Kementerian ESDM enggan untuk mengomentari isu-isu yang belum pasti yang beredar di media massa. "Mohon maaf belum bisa mengomentari hal itu. Saya takutnya itu testing the water," ucapnya.

Ia bahkan menduga wacana tersebut dilempar untuk menguji Menteri ESDM yang baru menjabat. "Mungkin untuk menguji Pak Menteri (ESDM), atau apa pun. Tapi kami punya niat baik semuanya, untuk negara apa pun dilakukan," tegas Rida. 

Namun berdasarkan penuturan Direktur Utama PLN Sofyan Basir di IIGCE 2016 hari ini kepada wartawan, rencana akuisisi PGE oleh PLN ternyata memang sudah dibicarakan di Kementerian BUMN. "Itu dari Kementerian BUMN. Kemarin kami bertemu bersama-sama. Bu Rini (Menteri BUMN) dengan Dirut PLN, Dirut Pertamina dan Dirut PGE. Kira-kira dua minggu lalu," ungkapnya.

Sofyan bahkan mengatakan bahwa rencana akuisisi PGE oleh PLN pasti akan dilakukan. "Kalau ada yang disampaikan Bu Rini sudah pasti harus dilaksanakan, kan beliau pemilik," jelasnya. RH