Kamis, 18 Agustus 2016

Surati Presiden, APMI Dukung Djoko Siswanto Jadi Menteri ESDM

Djoko Siswanto diusulkan APMI
sebagai calon Menteri ESDM.
Foto: Ridwan Harahap
Jakarta, OG Indonesia -- Nama Djoko Siswanto yang menjabat sebagai Direktur Teknik dan Lingkungan Migas Kementerian ESDM diapungkan Asosiasi Perusahaan Pemboran Minyak, Gas dan Panas Bumi Indonesia (APMI). APMI bahkan sudah menyurati Presiden Joko Widodo terkait usulan tersebut.

Dalam surat bertanggal 16 Agustus 2016, APMI yang memiliki 354 anggota yang terdiri dari perusahaan pemboran (onshore dan offshore) maupun perusahaan jasa penunjang pemboran, dengan tegas mereferensikan nama Djoko Siswanto.

"Sosok yang tepat untuk menjabat Menteri ESDM Republik Indonesia adalah Bapak. DR. Ir. Djoko Siswanto MBA," tulis surat yang ditandatangani Ketua Umum APMI Wargono Soenarko dan Sekretaris Umum APMI Dharmizon Piliang ini.

Pertimbangan APMI mengusulkan nama Djoko Siswanto karena diyakini sebagai sosok pemimpin handal yang mengetahui dan paham betul menjalankan tata kelola Migas di Indonesia. "Serta sangat mengerti seluruh proses perizinan dari hulu hingga hilir," terang surat tersebut.

Di samping itu Djoko Siswanto dinilai APMI akan mampu menerjermahkan visi dan misi Presiden tentang kedaulatan energi dalam bentuk strategi, rumusan dan kebijakan, serta memahami bisnis proses dan stakeholders industri Sumber Daya Mineral.

"Visioner, mampu melakukan terobosan-terobosan mengatasi sumbatan birokasi (debottlenecking) dalam pengelolaan tugas dan tanggung jawabnya. Memiliki pengalaman dalam perumusan dan/atau pengelolaan kebijakan energi," lanjut APMI tentang sosok Djoko Siswanto dalam suratnya.

Djoko Siswanto yang kini menjabat sebagai Direktur Teknik dan Lingkungan Migas di Ditjen Migas Kementerian ESDM merupakan peraih gelar Doktor pada Teknik Perminyakan ITB di tahun 2011. Sebelumnya pria kelahiran Jakarta, 23 Mei 1965 ini menjabat sebagai Direktur Pembinaan Usaha Hulu Migas Ditjen Migas Kementerian ESDM serta pernah juga menjabat di BPH Migas. RH