Jumat, 05 Agustus 2016

Tambah Daya Listrik Gratis Bukan Jebakan Batman

Syamsul Huda, General Manager
PLN Disjaya
Foto: Ridwan Harahap
Pandeglang, OG Indonesia -- PT PLN (Persero) Distribusi Jakarta Raya (PLN Disjaya) mengajak masyarakat konsumen PLN yang masih memakai daya listrik 900 VA untuk bermigrasi ke 1.300 VA. Program tambah daya listrik gratis tersebut diterangkan pihak PLN Disjaya bukanlah sebuah "Jebakan Batman".

"Tambah daya gratis ini saya sering dapat masukan bahwa ini jangan-jangan 'Jebakan Batman' yang dibuat oleh PLN. Sebenarnya tidak demikian," terang General Manager PLN Disjaya Syamsul Huda kepada wartawan di Pandeglang, Banten, Kamis (04/08).

Ia pun menjelaskan bahwa saat ini banyak pelanggan PLN yang menjadi pengguna daya listrik 900 VA sebenarnya sudah tidak tepat berada dalam posisi itu lagi. "Ada yang jam nyalanya sudah melampaui batas yang wajar. Kenapa dia tetap berada di situ karena dia tetap ingin mendapatkan harga yang murah karena disubsidi," bebernya.

Karena itu, diterangkan Syamsul, supaya orang-orang yang tidak layak lagi mendapat subsidi tersebut berpindah ke daya listrik yang lebih tinggi yang tidak disubsidi, maka diberikanlah kemudahan dengan program tambah daya gratis. 

"Sebenarnya orang ini tanpa diberikan biaya gratis itu seharusnya sudah keluar dari kelompok itu (900 VA ke bawah)," ujarnya. "Sekali lagi, ini bukan jebakan tapi mengajak masyarakat untuk menggunakan listrik secara bijak sesuai dengan kebutuhannya," pungkasnya. RH