Minggu, 25 Desember 2016

Direktur Hulu Pertamina: PDSI Fokus di Onshore, Elnusa di Offshore

Syamsu Alam, Direktur
Hulu PT Pertamina (Persero)
Foto: Hrp
Jakarta, OG Indonesia -- Beberapa bulan lalu sempat tercetus wacana untuk menggabungkan dua anak usaha Pertamina yaitu PT Elnusa Tbk dan Pertamina Drilling Servives Indonesia (PDSI). Hal tersebut ternyata tak menjadi kenyataan.

Ditegaskan oleh Direktur Hulu PT Pertamina (Persero) Syamsu Alam, bahwa rencana tersebut urung dilaksanakan. "PDSI kan kemarin ada isu akan digabung dengan Elnusa dan segala macam, itu enggak," kata Syamsu kepada OG Indonesia di kantor Pertamina, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Ia pun mengatakan bahwa Pertamina saat ini akan membagi tugas secara jelas antara Elnusa dan PDSI di bidang jasa usaha penunjang migas. "Sekarang kita mau membagi lebih clear, kita ingin PDSI memperkuat di onshore, sementara di offshore mungkin nanti Elnusa yang akan meng-handle di sana," ungkapnya.

Tadinya, Pertamina sebenarnya hendak membentuk anak usaha yang besar dan kuat di bidang jasa usaha penunjang migas. "Kalau PDSI dan Elnusa kita gabung, itu enggak perlu ada pembagian macam-macam. PDSI dan Elnusa menjadi  upstream services yang luar biasa," ucap Syamsu.

Tapi berdasarkan rapat direksi Pertamina, kata Syamsu, PDSI dan Elnusa akhirnya tak jadi digabung dulu pada saat ini. 

"Biar tidak tumpang tindih dengan Elnusa, kita sekarang sudah putusin di rapat direksi, oke lah PDSI enggak usah diapa-apain dulu, enggak usah digabung dulu dan segala macam yang tujuannya menurut saya sebenarnya bagus," paparnya.

"Silakan PDSI fokus ke onshore, enggak usah main di offshore yang tentu perlu investasi lagi. Sementara Elnusa biar di offshore dan bergabung dengan mungkin ada beberapa yang akan coba kita merger sehingga bisa memperkuat," tutupnya. RH