Rabu, 28 Desember 2016

PT Smelting Raih Dua Rekor MURI

Foto: PTFI
Jakarta, OG Indonesia -- Pabrik peleburan dan pemurnian (smelter) tembaga PT Freeport Indonesia (PTFI) menerima piagam penghargaan dari Museum Rekor Dunia-Indonesia (MURI) pada hari Rabu, 28 Desember 2016, di Jakarta.

Piagam MURI diserahkan oleh Ketua Umum MURI Jaya Suprana kepada Presiden Direktur Freeport Indonesia Chappy Hakim. Penghargaan tersebut didapat terkait PT Smelting Gresik yang didirikan oleh PTFI. Di mana piagam MURI yang diterima oleh PTFI tersebut adalah penghargaan untuk dua rekor nasional baru.

Yang pertama, PTFI sebagai pembangun dan pemilik smelter tembaga pertama. Dan yang kedua, PTFI sebagai pemasok tunggal konsentrat tembaga terbesar.  

Presiden Direktur PTFI Chappy Hakim menyambut baik Piagam MURI yang diterima sebagai bentuk apresiasi terhadap PTFI yang telah membangun dan mengolah konsentrat tembaga di dalam negeri sejak tahun 1996.  

“Hal ini juga telah sejalan dengan semangat program hilirisasi yang dicanangkan oleh Pemerintah Indonesia,” kata Chappy Hakim.  

PT Smelting di Gresik, Jawa  Timur, merupakan smelter tembaga pertama di Indonesia yang dimiliki oleh PTFI dan konsorsium Jepang. Sejak awal beroperasi, smelter tembaga yang dioperasikan bersama Mitsubishi ini memurnikan rata-rata 40% konsentrat tembaga produksi PTFI.  

Saat ini PT Smelting memiliki kapasitas pemurnian hingga 1 juta ton konsentrat tembaga per tahun yang seluruhnya berasal dari tambang PTFI di Kabupaten Mimika, Papua. RH