Selasa, 03 Januari 2017

Medco Terjun ke Bisnis Air

Jakarta, OG Indonesia -- PT Medco Energi Internasional Tbk. melalui anak perusahaannya PT Medco Gas Indonesia (MedcoEnergi) bergabung dengan PT Bangun Cipta Kontraktor dalam suatu perusahaan konsorsium PT Meta Adhya Tirta Umbulan (META), menunjuk PT Indonesia Infrastructure Finance (IIF) sebagai mandated lead arranger dan bookrunner (MLAB) sindikasi pembiayaan proyek Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Umbulan. 

Proyek SPAM Umbulan ditargetkan beroperasi pada pertengahan 2019 dan merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional terkait penyediaan kebutuhan air minum bagi 1,3 juta penduduk dengan kapasitas produksi sebesar 4.000 liter air per detik melalui jaringan pipa transmisi sepanjang 93 km dari mata air Umbulan ke lima Perusahaan Daerah Air Minum di Provinsi Jawa Timur. 

Proyek yang menelan estimasi investasi sebesar Rp 2,1 triliun ini menggunakan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha dan merupakan yang ke-4 di Indonesia yang akan mendapatkan pendanaan serupa. 

META sebagai badan usaha pemenang lelang menerima dana dukungan pemerintah pusat melalui Dukungan Kelayakan Proyek (Viability Gap Fund), dan memperoleh penjaminan dari PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia. IIF dan PT Sarana Multi Infrastruktur juga telah menandatangani perjanjian pembiayaan sindikasi SPAM Umbulan pada tanggal 30 Desember 2016.

“Dengan dukungan dari Pemerintah RI, kami terus mewujudkan komitmen untuk mengembangkan dan meningkatkan utilisasi akan sumber daya termasuk sumber daya air bagi masyarakat luas dan perkembangan ekonomi di Indonesia,” kata Presiden Direktur MedcoEnergi, Hilmi Panigoro, Selasa (03/01). RH