Senin, 23 Januari 2017

RUEN Sudah Ditandatangani Presiden, RUED Segera Disusun

Foto: migas.esdm.go.id
Jakarta, OG Indonesia -- Ketua Harian Dewan Energi Nasional (DEN) sekaligus Menteri ESDM Ignasius Jonan memimpin Sidang DEN ke 20 di Kantor Kementerian ESDM, pada hari ini, Senin (23/01).

Dalam sidang ini, Ketua Harian DEN menyampaikan bahwa Presiden Joko Widodo telah menandatangani Rencana Umum Energi Nasional (RUEN) sebagai penjabaran PP Nomor 79 tahun 2014 tentang Kebijakan Energi Nasional (KEN).

Tumiran, Anggota DEN dari unsur pemangku kepentingan kepada wartawan usai Sidang DEN mengatakan, dengan ditandatanganinya RUEN oleh Presiden RI, maka selanjutnya akan segera disusun Rencana Umum Energi Daerah (RUED). “Disepakati, DEN harus segera membantu daerah agar dapat menyusun RUED,” kata Tumiran.

Ditambahkan oleh Samsir Abduh, Anggota DEN dari unsur yang mewakili kepentingan konsumen, penyusunan RUED harus realistis. Artinya, pemenuhan bauran energi harus memprioritaskan sumber energi daerah yang paling efisien. 

Sidang DEN ke 20 yang dihadiri para pejabat eselon I di lingkungan Kementerian ESDM dan instansi terkait lainnya ini, membahas 3 hal utama yaitu program 35 GW yang harus rampung tahun 2019, bauran energi terkait pencapaian target KEN dan RUEN serta implementasi RUEN ke daerah terkait upaya untuk mendorong daerah dalam penyusunan RUED Provinsi. RH