Sabtu, 28 Januari 2017

Siemens Gandeng Twink Bangun Gardu Tegangan Tinggi di Bekasi

Foto: Hrp
Jakarta, OG Indonesia -- Produk gas-insulated switchgear (GIS) atau panel penghubung dan pemutus aliran listrik dari pembangkit ke jaringan transmisi, buatan Siemens akan dipakai untuk gardu listrik tegangan tinggi milik Perusahan Listrik Negara (PLN) yang akan dibangun di Tambun, Bekasi, Jawa Barat. Proyek ini akan dikerjakan oleh Siemens bersama PT Twink Indonesia yang bergerak dalam bidang engineering procurement construction (EPC).


Produk GIS berkapasitas 500 kilovolt (kV) dipesan pada Oktober 2016, sedangkan untuk GIS 150 kV pada Juli 2016, direncanakan sudah bisa dipasang dan siap beroperasi pada 2018 sehingga dapat mendukung pasokan listrik untuk kawasan industri di Jawa Barat. Selain itu, Siemens juga akan memenuhi konten lokal sampai 70% dalam produksi perangkat otomasi kelistrikan tegangan menengah dan rendah serta pengerjaan pemasangannya.

Salah satu tantangan utama dalam proyek transmisi kelistrikan adalah menempatkan sistem tegangan tinggi di tengah-tengah kawasan permukiman di perkotaan. Karena itu diperlukan gardu listrik dengan panel switchgear yang ukurannya kecil namun tetap andal, tidak menimbulkan polusi suara serta mengeluarkan emisi elektromagnetis yang rendah.

“Bersama PT Twink Indonesia, solusi Siemens bisa mencegah hilangnya energi dan mampu meningkatkan stabilitas pada jaringan tenaga listrik,” kata Andreas Alke, Kepala Divisi Manajemen Energi PT Siemens Indonesia, Jumat (27/01).

Ia menambahkan bahwa Siemens telah menambah ragam produk dan solusi kelistrikan untuk sistem tegangan tinggi yang bisa dipakai PLN untuk mengantisipasi penambahan kapasitas pembangkit. "Di masa depan, Siemens akan terus mendukung penyediaan solusi dan produk transmisi kelas 500 kV/150 kV untuk wilayah pembangkitan Jawa Barat dan Jawa Tengah serta untuk jaringan transmisi 275 kV di Sumatra," ujarnya.

Panel switchgear bertegangan tinggi dengan sistem isolasi gas merupakan salah satu produk Divisi Manajemen Energi Siemens yang menawarkan solusi pintar, rendah biaya dan andal  bagi perusahaan tenaga listrik. Portofolio produknya mulai dari jaringan distribusi tegangan rendah, solusi otomasi energi dan jaringan listrik pintar, sampai sistem transmisi tegangan tinggi.  

Dalam rangka mendukung program pembangkit listrik 35.000 megawatt (MW), Pemerintah Indonesia berencana untuk membangun lebih dari 700 transmisi listrik sepanjang 46.500 kilometer dan lebih dari 1.300 gardu listrik dengan kapasitas rata-rata 100.000 megavolt amperes (MVA). 

Siemens sebelumnya telah membantu pembangunan gardu model air-insulated substation switchgear (AIS) di Rawalo, Banyumas, Jawa Tengah; AIS 275 kV di Padang Sidempuan, Sumatra Utara; AIS 275 kV di Wotu, Sulawesi Selatan; dan pembangkit listrik geotermal Ulubelu di Lampung serta berbagai proyek lain untuk PLN. RH