Sabtu, 21 Januari 2017

Solstad Dapat Kontrak Instalasi FPU Jangkrik dari Saipem

CSV "Normand Installer" milik
Solstad Offshore ASA.
Foto: solstad.no
Skudeneshavn, OG Indonesia -- Solstad Offshore ASA, perusahaan penyedia kapal spesialis kegiatan offshore migas asal Norwegia mendapat kontrak dari PT Saipem Indonesia untuk kegiatan instalasi offshore dari Floating Production Unit (FPU) Lapangan Jangkrik di Blok Muara Bakau, Selat Makassar.

"Untuk kegiatan instalasi tersebut, Construction Support Vessel (CSV) “Normand Installer” kepunyaan Solstad akan dipakai," demikian keterangan tertulis di situs resmi Solstad, Jumat (20/01).

FPU Jangkrik merupakan bagian dari Proyek Jangkrik yang dijalankan oleh Eni Muara Bakau B.V. sebagai perusahaan kontraktor dari SKK Migas. Eni memiliki 55% saham dalam proyek tersebut. Sisanya dipegang oleh ENGIE (33,3%) dan PT Saka Energi Muara Bakau (11,7%).

Untuk kegiatan EPCI di proyek ini dipegang oleh konsorsium yang dipimpin oleh PT Saipem Indonesia yang di dalamnya terdapat Hyundai Heavy Industries, PT Tripatra Engineers & Constructors, dan PT Chiyoda International Indonesia.

"Guna mendukung pemakaian CSV 'Normand Installer', Solstad akan mendukung kegiatan manajemen proyek, procurement, dan dukungan logistik untuk proyek yang dikerjakan dari grup Marine Project yang ada di Singapura dan Skudeneshavn, Norwegia," lanjut keterangan tertulis perusahaan.

Diperkirakan eksekusi pekerjaan offshore Solstad di Indonesia akan dimulai pada kuartal kedua tahun 2017, di mana termasuk kegiatan transit, durasi kegiatan "Normand Installer" akan berlangsung selama 100 hari. RH