Selasa, 31 Januari 2017

SPLU Pertama di Sulawesi Hadir di Palu

Foto: PLN Suluttenggo
Palu, OG Indonesia -- Guna menyediakan kebutuhan listrik di tempat umum, PT PLN (Persero) Wilayah Suluttenggo Area Palu ‎dan Pemerintah Kota Palu meluncurkan Stasiun Penyedia Listrik Umum (SPLU), di Anjungan Talise Kota Palu, Selasa (31/01).

Hadir meresmikan SPLU Anjungan Talise, Direktur Bisnis Regional Sulawesi dan Nusa Tenggara (SNT) Machnizon Masri dan mewakili Walikota Palu, Asisten 1 bidang Pemerintahan dan Kesra M. Ridwan Karim.

Ridwan mengapresiasi langkah PLN dalam mengadakan SPLU ini. "Kami sangat berterima kasih kepada PLN, karena SPLU ini memiliki banyak manfaat, dari pengalaman kami, dahulu pernah ada kejadian satu orang pedagang meninggal karena listrik yang tidak aman, mengambil pasokan ilegal dari PJU, harapan kami dapat ditambah lagi SPLU di tempat-tempat strategis lainnya," ucap Ridwan.

General Manager PLN Wilayah Suluttenggo Baringin Nababan menjelaskan,‎ demi menjangkau tempat-tempat umum yang belum mendapatkan arus listrik, PLN berkomitmen untuk memberikan arus listrik resmi lewat pengadaan SPLU.

"PLN selama ini hanya melayani pelanggan-pelanggan tetap, artinya hanya ada di bangunan-bangunan yang sudah permanen. Sementara di tempat-tempat umum, seringkali tidak didapatkan layanan PLN, padahal ditempat umum itu banyak sekali dibutuhkan (listrik)," ujar Baringin.

Diharapkan SPLU ini dapat meningkatkan UKM yang ada di kota Palu, khususnya para pedagang yang membutuhkan sambungan listrik di tempat umum. SPLU ini juga merupakan bentuk dukungan PLN terhadap Pemda Kota Palu dalam membangun perekonomian kota Palu.

Para pedagang yang mungkin sebelumnya mendapatkan pasokan listrik di tempat umum dari sambungan yang tidak aman, saat ini sudah dapat menikmati listrik secara legal dan aman. 

PLN Area Palu telah memasang SPLU di 4 titik keramaian di Kota Palu, di antaranya: Anjungan Pantai Jl. Rajamoili, Taman GOR di Jl. Moh Hatta, Kawasan Taman Ria, di depan Palu Grand Mall dan Kompleks Palu Plaza. Rencana ke depannya PLN Area Palu akan menambah 4 SPLU lagi di pusat-pusat keramaian.

Mekanisme penggunaannya sama seperti layanan listrik prabayar, yaitu dengan membeli token listrik (stroom) prabayar di Payment Point Online Bank (PPOB), ATM, Kantor Pos, maupun loket pembayaran lainnya, lalu nomor token yang telah dibeli, dapat diisi pada SPLU yang terpasang. Layanan SPLU ini terbuka untuk masyarakat umum.

Menurut Manajer PLN Area Palu Emir Muhaemin bahwa SPLU sangat berkaitan dengan perkembangan teknologi dan berbagai permasalahan listrik di masa depan, Emir yakin kehadiran SPLU mampu menjawab tantangan tersebut. 

"Kalau bahan bakar mobil sudah menggunakan listrik, ini menjadi masalah tersendiri. Karena itu PLN berpikir bagaimana bisa menyediakan kebutuhan masyakarat di tempat umum sehingga memberikan banyak manfaat bagi warga," kata Emir. RH