Selasa, 31 Januari 2017

Tripatra Optimistis Kilang Tangguh Train 3 Rampung Tahun 2020

Eddy Junaedy Danu, Direktur
Independen Indika Energy dan
Komisaris Utama PT Tripatra.
Foto: Hrp
Jakarta, OG Indonesia -- PT Tripatra Engineers and Constructors, anak perusahaan Indika Energy yang bergerak di bidang rekayasa teknik dan EPC untuk industri minyak dan gas menargetkan proyek strategis nasional yaitu Tangguh LNG Train 3 yang berlokasi di Papua Barat dapat selesai dan bisa dimanfaatkan pada tahun 2020.

Seperti diketahui, SKK Migas sudah memberikan proyek pembangunan proyek kilang LNG Tangguh Train 3 untuk paket onshore LNG EPC kepada konsorsium CSTS (Chiyoda, Saipem, Tripatra, dan Suluh Ardhi), yang dipimpin oleh PT Tripatra Engineers and Constructors dengan total nilai kontrak USD 2,43 miliar.

Kilang LNG Tangguh Train 3 sendiri ditargetkan bisa beroperasi di tahun 2020. "Kita optimistis (bisa tercapai tahun 2020), kalau tidak tercapai rugi besar. Kerja keras lah," kata Eddy Junaedy Danu, Direktur Independen Indika Energy sekaligus Komisaris Utama PT Tripatra selepas acara RUPSLB Indika Energy di Jakarta, Senin (30/01).

Diterangkan Eddy, pihak konsorsium yang dipimpin Tripatra saat ini sudah memulai kegiatan konstruksi kilang LNG Tangguh Train 3. "Terutama untuk pengerjaan tanah dan membangun supporting facilities, semua alat berat sudah dikirim ke sana," terangnya.

Sementara untuk pengerjaan major equipment, diungkapkan Eddy, diperkirakan baru akan dilaksanakan pada tahun 2018 mendatang. "Itu misalnya chiller, pendingin. Itu lama, baru tahun depan. Sekarang ini baru yang kecil-kecil dan penyiapan lahan karena kan lahannya nggak gampang, sulit sekali karena kan di pinggir laut," pungkasnya. RH