Rabu, 01 Februari 2017

Eni Sukses Mengebor Sumur Merakes-2 di Blok East Sepinggan

Milan, OG Indonesia -- Perusahaan migas asal Italia, Eni sukses mengebor dan menguji sumur Merakes-2 di Lapangan Merakes, Blok East Sepinggan, Kalimantan Timur. Blok East Sepinggan berada di kawasan offshore Kutei Basin yang potensial, di mana penemuan di Merakes berjarak sekitar 35 km saja dari Lapangan Jangkring di Blok Muara Bakau yang juga dikelola oleh Eni.

Eni yang sudah beroperasi di Indonesia sejak tahun 2001, mengebor sumur Merakes dengan kedalaman 2.732 meter dari kedalaman laut sekitar 1.296 meter. Sebelumnya Eni juga telah mengebor sumur Merakes-1 yang ditemukan pada 2014.  

Lewat pengeboran sumur Merakes-2, Eni mengharapkan dapat memperkirakan potensi cadangan gas serta mengumpulkan data yang dibutuhkan untuk pengembangan komersial di masa depan. Ditaksir dari Lapangan Merakes, potensi gasnya mencapai 2 triliun kaki kubik (TCF), kendati masih memerlukan studi dan evaluasi lebih lanjut.

Direncanakan, dari kedekatan lokasi antara Lapangan Merakes dan Lapangan Jangrik, pengembangan lebih lanjut kedua lapangan tersebut akan dilakukan secara terintegrasi dengan memanfaatkan fasilitas produksi yang sudah ada di Lapangan Jangkrik.

"Hal ini untuk memaksimalkan fasilitas eksisting yang ada di sekitar dan untuk mengurangi biaya serta waktu," demikian keterangan resmi Eni yang dikutip OG Indonesia, Rabu (01/02).

Blok East Sepinggan dikelola oleh Eni yang bertindak sebagai operator lewat Eni East Sepinggan Limited yang menguasai 85% participating interest di blok tersebut. Sisanya sebanyak 15% dipegang oleh Pertamina Hulu Energi. RH