Senin, 13 Maret 2017

PGN Serius Garap Bisnis Gas dari Hulu ke Hilir

Foto: Hrp
Jakarta, OG Indonesia -- PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN) saat ini sudah membangun dan mengoperasikan sekitar 7.200 km pipa alias 80% dari infrastruktur gas bumi nasional. Tak heran PGN bisa hadir di seluruh rantai pengguna gas bumi dari hulu hingga hilir.

Dikatakan oleh Direktur Pemasaran PGN Danny Praditya, sebagai National Gas Commpany, PGN dapat menghadirkan gas sesuai kebutuhan masyarakat di berbagai segmen pengguna gas.

"Kami terus berkomitmen memperluas infrastruktur gas bumi dan melakukan berbagai inovasi untuk terus meningkatkan pemanfaatan gas bumi di Indonesia terutama kepada masyarakat," kata Danny di MRU PGN Monas, Jakarta, Senin (13/03).

Dipaparkan Danny, PGN saat ini memiliki Saka Energy yang menyediakan gas bumi di sektor hulu. PGN juga mengembangkan produk gas bumi yakni Liquefied Natural Gas (LNG) yang dilakukan oleh PT PGN LNG Indonesia. Lalu melakukan penyaluran CNG melaui anak usaha PT Gagas Energi Indonesia. PGN juga dapat menyediakan pasokan gas bumi, listrik, pasokan bahan bakar gas untuk transportasi hingga jasa Engineering, Procurement & Construction (EPC) hingga IT dan telekomunikasi bagi para pengguna gas atau pelanggan PGN.

"Kami memiliki konsep PGN360°yang mencakup: solusi penyediaan gas bumi, solusi pemanfaatan gas bumi, solusi infrastruktur gas bumi, solusi operasi dan pemeliharaan gas bumi dan solusi layanan pendukung lainnya, di mana PGN secara grup sesuai kemampuan intinya akan memberikan solusi terintegrasi," jelasnya.

Ditambahkan oleh Direktur Utama PT Gagas Energi Indonesia Ahmad Cahyadi, PGN juga melakukan berbagai inovasi dalam penyaluran gas bumi ke masyarakat. Salah satunya dengan memaksimalkan keberadaan SPBG sebagai Point of Sales CNG yang akan memproses gas bumi menjadi CNG. Lalu CNG tersebut langsung dikirim ke pelanggan terutama sektor Industri dan komersial dengan nama produk Gaslink.

Saat ini PGN sudah memiliki 10 SPBG yang beroperasi antara lain di Ancol (KSO JUP), Batam, Bogor, Klender, Lampung, Ngagel, Pondok Ungu, Purwakarta, Kantor Pusat PGN, dan Sukabumi. Sementara itu untuk Mobile Refueling Unit (MRU) sudah ada 5 MRU yang dioperasikan oleh PGN yaitu MRU Bandung, Gresik, Grogol, Monas, dan Pluit.

"SPBG kami optimalkan sebagai pemasok CNG ke pelanggan. Dengan inovasi penyaluran gas bumi lebih cepat sambil menunggu pembangunan jaringan pipa gas ke pelanggan," ucap Cahyadi.

Cahyadi mengungkapkan, salah satu contohnya PGN baru saja memasok CNG untuk kebutuhan energi gas di Hotel Dharmawangsa, Jakarta. "Saat ini Hotel Dharmawangsa menggunakan gas bumi yang efisien dan bersih untuk kebutuhan memasak restoran dan dapurnya serta kebutuhan energi gas untuk peralatan di hotel tersebut," kata Cahyadi.

Seperti diketahui, PGN saat ini total telah memasok gas bumi ke 1.652 industri besar dan pembangkit listrik, 1.929 pelanggan komersial (hotel, restoran, rumah sakit) serta Usaha Kecil Menengah (UKM), dan 204.000 pelanggan rumah tangga. Pelanggan PGN tersebar di berbagai wilayah mulai dari Sumatera Utara, Kepulauan Riau, Riau, Sumatera Selatan, Lampung, DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Utara dan Sorong Papua. RH