Jumat, 31 Maret 2017

Tambang Martabe Buka Pendaftaran Beasiswa Bagi Siswa Berprestasi

Foto: Agincourt Resources
Tapanuli Selatan, OG Indonesia -- Beasiswa Martabe Prestasi 2017 dan Kompetisi Sekolah Bersih dan Sehat 2017 Menuju Standar Adiwiyata diluncurkan PT Agincourt Resources selaku pengelola Tambang Emas Martabe dalam sosialisasi program yang diadakan di Balai Marguna, Kecamatan Batangtoru, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara, pada Kamis, 30 Maret 2017. 

Kedua program ini dilaksanakan Tambang Emas Martabe untuk turut berkontribusi mendukung upaya pemerintah membangun manusia Indonesia unggul, berdaya saing, dan berkarakter melalui ekosistem pendidikan berkualitas yang memberdayakan komunitas pendidikan untuk berperan serta mencipta lingkungan belajar yang sehat dan produktif.

Presiden Direktur PT Agincourt Resources, Tim Duffy, menyatakan bahwa Program Beasiswa Martabe Prestasi 2017 dan Kompetisi Sekolah Bersih Sehat 2017 telah lama digagas bersama para pemangku kepentingan terkait. "Karena itu dengan bangga kami meluncurkannya sekarang dengan semua sistem yang telah rapi terbentuk untuk memastikan bahwa program ini akan benar-benar memberikan manfaat bagi ratusan siswa SD, SMP, SMA dan Perguruan Tinggi beserta keluarga serta institusi pendidikan formal mereka," ucapnya.

Data menunjukkan terjadinya penurunan angka partisipasi sekolah dari pendidikan dasar ke jenjang yang lebih tinggi. Berdasarkan data BPS Kabupaten Tapanuli Selatan sepanjang tahun 2011 -2015, di Kecamatan Batangtoru saja tercatat penurunan 46% hingga 59% tingkat partisipasi siswa SD yang melanjutkan pendidikan ke jenjang SMP dan penurunan 63% hingga 68% siswa SMP lanjut ke jenjang pendidikan SMA. 

Sementara di Kecamatan Muara Batangtoru, tercatat penurunan angka partisipasi 8% hingga 32% siswa SD ke bangku SMP dan 65% hingga 78% dari SMP ke jenjang SMA. Banyak hal yang menyebabkan penurunan tingkat partisipasi pada pendidikan dasar dan menengah ini.

“Melalui keberadaan Tambang Emas Martabe, kami berharap dapat menawarkan solusi bagi  hambatan-hambatan pendidikan mendasar, seperti kemampuan ekonomi orangtua maupun kondisi sekolah, yang menghalangi generasi muda Batangtoru dan Muara Batangtoru untuk menikmati masa belajar yang sehat dan berkualitas hingga mencapai jenjang pendidikan tinggi. Kami yakin upaya kami ini akan menghadirkan semakin banyak SDM Tapanuli Selatan yang unggul dan mampu bersaing dalam era pasar bebas,” papar Tim Duffy.

Sejak tahun 2011, Tambang Emas Martabe telah mendukung pengadaan dan perbaikan berbagai fasilitas pendidikan formal dan non formal, seperti renovasi 33 sekolah dan 4 lapangan olahraga multifungsi, mendirikan 14 taman baca, menyediakan 16 ribu buku bacaan, serta  berbagai pelatihan bagi guru dan siswa untuk terus memastikan pembelajaran berkualitas yang aman menyenangkan dapat diakses oleh semua pihak. 

Beasiswa Martabe Prestasi 2017

Beasiswa Martabe Prestasi 2017 merupakan penghargaan dengan menyediakan bantuan pendidikan dan beasiswa bagi anak-anak, dari keluarga pra-sejahtera di Kecamatan Batangtoru dan Kecamatan Muara Batangtoru, yang berprestasi dan berkomitmen tinggi untuk melanjutkan pendidikan. Berprestasi di sini mencakup keunggulan secara akademis, maupun non-akademis. Pengkategorian keluarga pra-sejahtera mengacu pada 14 kriteria standar yang ditentukan BPS. 

Berdasarkan jenis penghargaan dan manfaat, Beasiswa Martabe Prestasi terbagi dalam dua kategori. Pertama, berupa Penghargaan Akademis, di mana disediakan bagi 140 siswa SD, SMP atau sederajat yang berasal dari Kecamatan Batangtoru dan Muara Batangtoru dan bersekolah di kedua wilayah tersebut untuk mendapatkan bantuan perlengkapan sekolah dengan nilai maksimal Rp 500.000 bagi SD dan Rp 750.000 bagi SMP dalam satu kali pada program berjalan. 

Untuk pendaftaran dibuka mulai 8 Mei hingga 8 Juni 2017 bagi siswa berprestasi, yang berada dalam 10 peringkat teratas di kelas dengan nilai rata-rata rapor 8,0 (skala 10,0) minimal selama 2 semester terakhir berturut-turut serta direkomendasikan oleh pihak sekolah masing-masing. Pendaftaran dibuka mulai dari 1 Mei sampai dengan 8 Juni 2017.

Lalu yang kedua ada ada Beasiswa Berkelanjutan, di mana disediakan bagi total 45 orang siswa SMA atau sederajat, mahasiswa program D3 dan S1. Untuk jenjang SMA menerima tunjangan Rp 3 juta per tahun selama maksimal 3 tahun (dibagikan per semester) dengan kriteria siswa berprestasi, berada dalam 10 peringkat teratas di kelas memiliki nilai rata-rata rapor 8,0 (skala 10,0) minimal selama 2 semester terakhir berturut-turut. Bagi mereka yang duduk di tahun pertama SMA/Sederajat, minimum nilai rata-rata rapor kelas IX atau kelas 3 SMP/sederajat adalah 8,0 (skala 10,0).

Untuk mahasiswa berprestasi dengan minimum IPK terakhir 3,25 (skala 4,0) dari Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta berakreditasi dalam wilayah Tapanuli Selatan, tunjangan program D3 diberikan Rp 6 juta per tahun selama maksimal 3 tahun, sementara Program S1 Rp 6 juta per tahun selama maksimal 4 tahun.

Untuk mahasiswa berprestasi dengan minimum IPK terakhir 3,00 (skala 4,0) dari Perguruan Tinggi Negeri di luar wilayah Tapanuli Selatan, tunjangan Program D3 diberikan Rp 12 juta per tahun selama maksimal 3 tahun dan Program S1 Rp 12 juta per tahun selama maksimal 4 tahun. Pendaftaran dibuka sejak 1 April hingga 18 Mei 2017.

Informasi detil untuk kriteria maupun pendaftaran Penghargaan Akademis dan Beasiswa Berkelanjutan  silakan diajukan pada: Komite Martabe Prestasi PT Agincourt Resources di alamat Jl. Merdeka Barat KM 2.5 Kelurahan Aek Pining, Batangtoru, Tapanuli Selatan, Sumatera Utara, 22738 atau via surat elektronik ke: Martabe.Prestasi@agincourtresources.com. Daftar penerima Beasiswa Martabe Prestasi 2017 akan diumumkan tanggal 10 Juli 2017.

Kompetisi Sekolah Bersih dan Sehat 2017

Kompetisi Sekolah Bersih dan Sehat 2017 Menuju Standar Adiwiyata, dibagi dalam dua kriteria, yaitu sekolah tingkat SD sederajat dan tingkat SMP hingga SMA sederajat yang berada di Kecamatan Batangtoru dan Muara Batangtoru. Ketentuan Penilaian Kompetisi didasarkan pada 8 Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) untuk mewujudkan sekolah peduli hidup sehat dan berbudaya lingkungan.

Program ini mengombinasikan pencapaian program gaya hidup bersih sehat yang dicanangkan Kementrian Kesehatan dengan  program Adiwiyata dari Kementrian Lingkungan Hidup dalam rangka menciptakan kondisi baik bagi sekolah untuk menjadi tempat pembelajaran dan penyadaran warga sekolah, sehingga semua mampu berperan aktif menghadirkan lingkungan yang sehat dan terjaga kelestariannya. Pendaftaran kompetisi, verifikasi dan penilaian lokasi diadakan mulai 7 hingga 22 April 2017.

Sekolah yang berminat diharapkan menghubungi Koordinator Pengawas Sekolah masing-masing untuk meminta dan mengumpulkan formulir pendaftaran. Juri kompetisi terdiri dari perwakilan Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tapanuli Selatan dan Tambang Emas Martabe. 

Tiga juara akan memperoleh hadiah berupa piagam atau tropi serta hadiah perbaikan fasilitas sekolah dengan nilai sebagai berikut: Juara 1 sekitar Rp 30 juta, Juara 2 sekitar Rp 20 juta dan Juara 3 sekitar 10 juta. Pengumuman juara akan dilakukan pada 27 April 2017 dalam acara penutupan Festival Pelajar Batangtoru 2017. RH