Senin, 06 Maret 2017

Universitas Pertamina Ajak Mahasiswa Perluas Networking di Era Digital

Riki Sonjaya dari komunitas Young On
Top memberikan materi dalam seminar
"Networking Guide in Digital Era"
di kampus Universitas Pertamina.
Foto: Hrp
Jakarta, OG Indonesia -- Universitas Pertamina bekerjasama dengan komunitas Young On Top (YOT) dalam rangka YOT Campus Roadshow mengadakan seminar yang membahas berbagai peluang yang dapat didapat mahasiswa sebagai generasi yang melek internet, salah satunya adalah memperluas networking di era digital.

Dikatakan oleh Riki Sonjaya, General Manager PT YOT Nusantara, mahasiswa dapat mulai membangun citra diri dengan memanfaatkan media digital untuk menampilkan berbagai potensi dan keahlian yang mereka miliki yang tentunya sangat berguna bagi perkembangan karir mereka di masa depan.

"Semua social media pada dasarnya fungsinya sama. Tapi social media bisa juga digunakan untuk mem-branding diri sendiri. Bisa dipakai juga untuk networking," kata Riki dalam seminar bertema 'Networking Guide in Digital Era' di Auditorium Griya Legita, kompleks Universitas Pertamina, Simprug, Jakarta Selatan, Sabtu (04/03).

Sebagai contoh, mahasiswa yang menyukai seni fotografi dapat menampilkan hasil-hasil karyanya di akun media sosial pribadinya. Lalu dengan mencari dan bergabung dengan orang-orang yang memiliki ketertarikan serupa di dunia media sosial, kemudian akan terjalin hubungan komunikasi dan berlanjut pada terciptanya kedekatan dengan komunitas yang memiliki hobi yang sama. Di sinilah kemudian citra dan prestasi diri bisa ditampilkan dan dilihat banyak orang.

Ditambahkan oleh Stanley, Manajer E-Commerce Line Indonesia, pada saat mahasiswa sedang duduk di bangku kuliah, itulah momen bagi dirinya untuk memperluas jaringan dan memperkenalkan dirinya ke banyak orang. "Ketika kita masih muda, ketika kuliah, yang penting adalah kita bertemu dengan banyak orang," ucap Stanley.

Karena itu, ditambahkan olehnya, seorang mahasiswa harus memperbanyak kegiatannya di luar aktivitas akademis. "Tapi untuk akademis tetap nomor satu, dan sebagai pembantunya dengan networking tadi, keduanya harus sejalan dan dilakukan sama-sama agar hasilnya lebih maksimal," jelasnya.

Dikatakan Stanley, dalam era digital seperti sekarang ini banyak sarana yang bisa dipakai untuk lebih mempercepat informasi tersebar. "Bagi kita sebagai orang yang mau memulai networking akan lebih mudah lewat social media, atau lewat messaging app, dengan mem-follow akun-akun yang memberikan informasi yang dibutuhkan," tutup Stanley. RH