Sabtu, 08 April 2017

75% Produksi LNG Kilang Tangguh Train 3 Dialokasikan untuk PLN

Serang, OG Indonesia -- Mega proyek kilang LNG Tangguh Train 3 masih terus dikerjakan. Ditargetkan kilang LNG Tangguh Train 3 akan memiliki kapasitas produksi LNG 3,8 milion tons per annum (mtpa) yang akan dialokasikan sekitar 75% untuk kebutuhan PLN.

Dikatakan Kepala Sub Dinas Analis dan Evaluasi Perbendaharaan SKK Migas Indryany Permatasary, dari LNG yang disalurkan ke PLN akan menghasilkan listrik sekitar 3.000 Megawatt (MW).

"Hal ini sangat mendukung upaya pemerintah dalam meningkatkan energi (listrik), di mana Indonesia sendiri membutuhkan 35.000 Megawatt," tutur Indriyany dalam acara Sarasehan Jurnalis SKK Migas di Hotel Aston Anyer, Banten, Jumat (07/04).

Ditambahkan olehnya dari proyek tersebut juga membuka multiplier effect bagi masyarakat sekitar di Teluk Bintuni, Papua Barat. "Pada masa kontruksi proyek Tangguh Train 3 kira-kira akan menyerap 8.000 hingga 10.000 tenaga kerja," jelasnya. 

Pihak SKK Migas sendiri mengapresiasi BUMN perbankan seperti BNI yang mmberi fasilitas financing dalam pembangunan kilang LNG Tangguh Train 3, sehingga mega proyek ini bisa memberi dampak ganda yang berlipat. RH