Jumat, 07 April 2017

Bangun Platform Migas, Gunanusa Bisa Serap 6.000 Tenaga Kerja Lokal

Foto: Hrp
Serang, OG Indonesia -- PT Gunanusa Utama Fabricators, perusahaan nasional yang bergerak di jasa engineering, procurement, construction & installation (EPCI) fasilitas produksi hulu migas turut memberdayakan tenaga kerja lokal dalam proyek-proyek yang dikerjakan di lokasi fabrication yard perusahaan yang berada di Desa Margasari, Kecamatan Pulo Ampel, Serang, Banten. Multiplier effect dari sisi tenaga kerja serta ekonomi di kawasan Banten pun turut terpicu.

Diterangkan oleh Ramli Simatupang, Commercial and Business Development Director PT Gunanusa Utama Fabricators, perusahaannya yang sudah berdiri sejak tahun 1983 telah banyak membangun platform (anjungan) offshore untuk kegiatan hulu migas lepas pantai baik di dalam maupun luar negeri.

“Paling banyak kita mengerjakan proyek-proyek di luar seperti di PTTEP Thailand, lalu di Myanmar, India, sampai Brunei Darussalam,” kata Ramli kepada wartawan termasuk OG Indonesia yang mengunjungi fabrication yard Gunanusa di Serang, Kamis (06/04).

Sementara di dalam negeri, beberapa proyek yang pernah dikerjakan Gunanusa antara lain di proyek PHE WMO, Blok Mahakam, sampai BP Tangguh.

Untuk setiap proyek yang dikerjakan Gunanusa, diceritakan Ramli dapat menyerap tenaga kerja lokal dari 1.000 sampai 6.000 orang. “Di pabrik seluruh pekerja merupakan warga lokal di area pabrik di mana mereka diberikan pendidikan agar kompetensinya terjamin,” terangnya.

Ramli pun bisa berbangga karena learning school untuk tenaga-tenaga welding yang dibuka oleh Gunanusa selalu diminati oleh para angkatan kerja di wilayah sekitar pabrik. “Sampai sekarang learning school kita tiap hari penuh dengan orang-orang yang baru lulus STM untuk tenaga welding, itu terutama dari orang-orang yang berada dari sekitar daerah sini,” ungkap Ramli.

“Saya percaya dengan kompetensi putra-putri bangsa, dan terbukti mereka mampu merancang semua platform yang Gunanusa kerjakan,” pungkasnya. RH