Rabu, 03 Mei 2017

Konsumsi BBM di Balikpapan Fluktuatif Selama Long Weekend

Balikpapan, OG Indonesia -- Selama akhir pekan panjang, dari 29 April sampai dengan 1 Mei lalu, Pertamina mencatat peningkatan konsumsi beberapa jenis BBM di Balikpapan, di antaranya Pertalite naik 3 % di angka 211 KL dan Solar naik hingga 4,8 % di angka 65 KL. Namun demikian juga terdapat produk yang konsumsinya turun seperti Pertamax yang turun hingga 5 % di angka 40 KL. Di samping itu, Premium tercatat di angka normal yakni 83 KL per hari.


"Berdasarkan pantauan konsumsi BBM sepanjang akhir pekan panjang yang terjadi selama 3 minggu berturut turut, Pertamina mencatat angka kenaikan maupun penurunan yang bervariasi dalam realisasi konsumsi BBM di kota Balikpapan," kata Alicia Irzanova, Area Manager Communication and Relations Kalimantan PT Pertamina (Persero), Rabu (03/05).

Sebagai contoh pada momen libur Paskah yang lalu konsumsi premium naik sebesar 4,5 % jika dibandingkan dengan rata rata konsumsi harian sebesar 111 KL. Diikuti dengan produk solar dan pertamax yang tercatat naik hingga 10% dibandingkan rata-rata normal harian masing masing sebesar 63 KL dan 44 KL.

Pola Kenaikan BBM tersebut tidak serupa pada libur akhir pekan panjang lainnya. Pada momen libur Peringatan Maulid Nabi, konsumsi Premium tercatat mengalami penurunan hingga 9 %, diikuti dengan solar yang turun hingga 4 % dari konsumsi normal harian. Sedangkan produk Pertamax tetap mengalami kenaikan walaupun tidak sebesar masa libur Paskah di angka 4 %.

Tren yang fluktuatif tersebut juga dialami oleh produk Pertalite. Produk unggulan Pertamina dengan RON 90 ini mengalami penurunan pada momen libur Paskah hingga 5 % di angka 184 KL jika dibandingkan dengan rata-rata konsumsi normal harian. Sedangkan pada long weekend Peringatan Maulid Nabi, Pertalite mengalami kenaikan hingga 5 % di angka 207 KL per hari.

Menanggapi tren konsumsi yang tidak dapat diprediksi tersebut, Pertamina tetap memantau ketersediaan stok jelang dan selama akhir pekan panjang berlangsung serta secara rutin melakukan koordinasi internal maupun eksternal guna mengawal ketersediaan BBM di masa libur. RH