Selasa, 02 Mei 2017

Pertamina MOR V Launching Agen Elpiji Syariah Pertama di Indonesia

Tulung Agung, OG Indonesia -- Dalam rangka turut mengem­bang­kan perekonomian syariah di ka­langan santri, Pertamina Mar­keting Operation Region (MOR) V Jatim Balinus me-launching agen Elpiji syariah pertama di Indonesia, di Pondok Pesantren Al Fattahiyah Dusun Miren Tulung Agung, Jawa Timur, beberapa waktu lalu.

Menurut Domestic Gas Region Ma­nager V Hardjono, agen Elpiji syariah ini menggunakan pesantren sebagai jalur distribusi LPG Non Subsidi. Dengan adanya outlet tersebut para santri dapat belajar manajemen pemasaran dan ber­wira­usaha. 

Sistem pemasaran agen LPG syariah dilakukan dengan sistem bagi ha­sil, yaitu tabung akan dipinjamkan oleh pihak agen dan keuntungan yang didapat akan dibagi dua sesuai dengan kesepakatan. Program ini sejalan dengan dengan program Pertamina Spiritual Marketing, berbisnis yang memberikan manfaat bagi masyarakat dan lingkungan.

Kepala Bagian Per­eko­nomian Pemerintah Kabu­paten Tulung Agung Bambang Ermawan mengatakan, kehadiran outlet LPG syariah ini dapat memberikan pilihan kepada masyarakat dalam membeli LPG non subsidi.

“Program ini sangat membantu kami ter­utama dalam men­jaga me­ning­katkan kesejah­teraan pesantren umumnya dan para santri, di mana pa­ra santri juga dapat belajar secara langsung mengenai bisnis ungkap,” kata Pengasuh Pondok Pe­santren Al Fattahiyah Kyai Anang.

Saat ini sudah ada 3 outlet agen LPG syariah di kota Tulung Agung  dan 3 outlet agen LPG syariah di Blitar. Ke depannya, outlet-outlet tersebut kan terus dikembangkan di ko­ta-kota lainnya. RH