Kamis, 15 Juni 2017

ESQ dan Batan Ajak 1.000 Anak Bersahabat dengan Nuklir

Foto: Hrp
Jakarta, OG Indonesia -- Lembaga Kemanusiaan ESQ pada tahun ini menggandeng Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan) mengadakan acara Semesta Ramadhan dengan tema "Ayo Cerdas Berteknologi" dan mengangkat tagline ”Nuklir Sahabat Kita". Acara yang melibatkan 1000 anak yatim dhuafa dari wilayah Jakarta, Depok, Tangerang, Bekasi, dan Cikarang ini dikemas apik dengan konsep edutainment.

Acara dilaksanakan pada tanggal 15 Juni 2017 di Kawasan Nuklir Pasar Jumat, Jakarta. Dalam kegiatan ini anak-anak mendapatkan uang santunan, bingkisan perlengkapan sekolah dan alat tulis. Selain itu anak-anak juga mendapatkan edukasi tentang teknologi khususnya nuklir.

Niiai yang ingin disampaikan di antaranya adalah anak-anak cerdas dan bijak dalam memanfaatkan teknologi. SeteIah mengikuti acara ini, mereka diharapkan dapat mengetahui tentang manfaat teknologi nuklir yang sangat banyak untuk mendukung kehidupan manusia.

Karena, teknologi nuklir bukan hanya digunakan pada bidang militer, namun dapat dikembangkan pada bidang pertanian, peternakan, kesehatan, lingkungan, industri dan energi. Selain itu, anak-anak dapat termotivasi untuk berprofesi sebagai peneliti, karena ada beberapa aktivitas yang melibatkan anak-anak untuk belajar menjadi seorang peneliti.

"Nuklir itu ada ilmu pengetahuan di dalamnya serta berguna bagi masyarakat, dan itu bagus sekali pengetahuannya untuk anak-anak. Kita harapkan di masa depan mereka jadi ahli nuklir," kata Djarot Sulistio Wisnubroto di Gedung PAIR Batan, kawasan Pasar Jumat, Jakarta, Kamis (15/06).

Dalam kegiatan Semesta Ramadhan kali ini, anak-anak mengikuti rangkaian workshop yang dikemas secara menarik dalam bentuk permainan, salah satunya permainan 'Mencari Harta Karun". Anak-anak juga belajar mendeteksi sumber radiasi nuklir dan mengenal beberapa alat peraga teknologi nuklir.

Selain workshop, anak-anak akan mendapatkan informasi seputar teknologi nuklir dengan pendekatan metode Dongeng yang edukatif dan interaktif melibatkan anak-anak dalam bagian cerita yang menggambarkan situasi dan pemanfaatan teknologi nuklir.

Acara semesta Ramadhan dengan tema teknologi ini mendapat dukungan dari berbagai perusahaan, di antaranya PT L'Essential, Yayasan Wakaf Bangun Nurani Bangsa, APP Sinarmas, Lotteria, Produsen Sandal Lucu (Sancu), Yayasan Jiwa Ramah Sesama (Yenni Rahman), PT JNE, serta Batan dan Himpunan Peneliti Indonesia (Himpenindo) sebagai mitra pelaksanaan acara.

"Mudah-mudahan semua yang terlibat di acara mendapatkan barokah dari Allah SWT. Kegiatan ini menarik karena mengkombinasikan dua hal, di mana anak-anak yatim diberikan zakatnya di lembaga nuklir, biasanya kan di masjid. Ini kombinasi antara kecerdasan intelektual dan kecerdasan spiritual," kata CEO ESQ Ary Ginanjar. RH