Senin, 19 Juni 2017

Ini 4 Tips Mudik Pertamina Agar Tak Kehabisan BBM dalam Perjalanan

Adiatma Sardjito, VP Corporate
Communication Pertamina (kiri).
Foto: Hrp
Jakarta, OG Indonesia -- Guna memenuhi kebutuhan bahan bakar minyak (BBM) bagi para pemudik selama Hari Raya Idul Fitri 1438 H, PT Pertamina (Persero) menyampaikan 4 tips agar masyarakat yang pergi ke kampung halaman tak kekurangan BBM selama dalam perjalanan.

Disampaikan oleh VP Corporate Communication Pertamina Adiatma Sardjito, yang pertama harus dilakukan pemudik sebelum berangkat adalah mengisi penuh tangki bahan bakar kendaraannya. "Isilah penuh bensin pada waktu berangkat," kata pria yang akrab disapa Adim ini dalam buka puasa bersama dengan media di Hotel Indonesia Kempinski, Senin (19/06).

Tips kedua, dilanjutkan olehnya, adalah dengan melakukan pengisian BBM kembali pada saat saat isi tangki bahan bakar kendaraan tinggal sisa separuh. "Kalau sudah separuh diisi kembali, karena kita tidak tahu kondisi di depan," tegasnya.

Sementara untuk tips ketiga, Pertamina mengingatkan agar para pemudik selalu menjaga kesehatannya selama dalam perjalanan. "Dan yang keempat, bisa download aplikasi Pertamina Go yang bisa melihat di mana SPBU terdekat dan jualannya apa. Jadi kalau misalnya pakai Pertamax atau Dexlite, bisa lihat di aplikasi Pertamina Go dijualnya di mana yang terdekat," paparnya.

Di samping lewat aplikasi Pertamina Go, Pertamina pun masih bisa dihubungi lewat layanan Contact Pertamina 1-500-000 yang aktif selama 24 jam. "Lewat kontak ini akan membantu mengarahkan ke SPBU atau Kiosk yang terdekat. Tetapi bukan untuk memesan BBM di dalam kemasan ya," jelas Adim seraya mengingatkan agar para pemudik juga mem-follow akun-akun media sosial milik Pertamina.

Untuk melayani mudik tahun ini, Pertamina menyediakan sekitar 61 titik Kiosk Pertamax agar pemudik dapat membeli Bahan Bakar Khusus (BBK) Pertamax Series dalam kemasan. Bagi mereka yang membutuhkan tempat istirahat, Pertamina juga menyiapkan Serambi Pertamax yang berada di 10 SPBU. 

Dalam rangka mengantisipasi kemacetan, Pertamina juga menempatkan 90 motor Satgas BBM dan Tanki Flow Station di Jawa Barat (2) , Jawa Tengah (9) dan Jawa Timur (1). Mobil tersebut akan berada di titik rawan seperti di jalur fungsional Brexit sampai Gringsing.

Pertamina sendiri memperkirakan puncak permintaan BBM dari para pemudik akan terjadi pada H-3. "Jadi Kamis, Jumat, Sabtu, tanggal 22 sampai 24 Juni adalah titik yang paling diwaspadai," tutupnya. RH