Senin, 10 Juli 2017

DKI dan Jabar Sepakati Porsi PI 10% di Blok ONWJ

Foto: pheonwj.pertamina.com
Bandung, OG Indonesia -- Pembagian porsi participating interest (PI) dari Blok Offshore Nort West Java (ONWJ) akhirnya disepakati oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar) dan DKI Jakarta.

Dikutip dari bandung.bisnis.com, kesepakatan yang tertuang dalam nota kesepahaman bersama antara Pemprov Jabar dan DKI, pengelolaan PI tersebut akan dilakukan oleh BUMD PT Migas Hulu Jabar dan PT Jakarta Propertindo. 

Acara penandatanganan nota kesepahaman dilakukan oleh Gubernur Jabar Ahmad Heryawan dan Gubernur DKI Djarot Saiful Hidayat serta disaksikan Kepala SKK Migas Amien Sunaryadi, di Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat, Senin (10/07) sore.

Dari kesepakatan tersebut, dari 10% PI Blok ONWJ yang menjadi bagian daerah, DKI akan mendapat bagian sebesar 20,29%. Sementara Jabar akan mendapat 62,13% yang akan dibagi lagi dengan empat kabupaten. Rinciannya, Pemprov Jabar mendapat 79,91%, Indramayu 4,71%, Subang 2,93%, Karawang 8,24% dan Bekasi 1,70%.

Gubernur Jabar Ahmad Heryawan mengatakan kesepahaman yang terjalin antara Jabar dan DKI datang dari kesepahaman yang sudah dibangun antara kedua daerah. Menurutnya dengan kesepakatan ini menjadikan pihaknya tak lagi hanya jadi penonton dari kegiatan di ONWJ. “Sekarang ada bagi hasil migas, tapi ada juga deviden,” ucap Aher. RH