Rabu, 05 Juli 2017

Ingin Kelola Migas Sendiri, Pemkab PPU Belajar dari Kesuksesan Siak

Mustaqim MZ, Wakil Bupati
Penajam Paser Utara.
Foto: penajamkab.go.id
Penajam Paser Utara, OG Indonesia -- Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur, menargetkan untuk bisa mengelola sumber daya migasnya sendiri sehingga mampu memberikan kontribusi lebih besar bagi Pendapat Asli Daerah (PAD) Kabupaten PPU.

Dikatakan oleh Wakil Bupati PPU Mustaqim MZ, selama ini sumber daya migas PPU dikelola oleh perusahaan asing. Karena itu dikatakan olehnya, Pemkab PPU pun belajar dari kesuksesan Kabupaten Siak di Riau yang dapat mengelola kekayaan migasnya sendiri. 

“Jika kita mampu mengelola sumur migas yang ada seperti yang dilakukan Kabupaten Siak, tentunya akan menjadi sebuah tambahan besar bagi PAD Kabupaten PPU,“ ucap Mustaqim seperti dikutip dari klikpenajam.com, Rabu (05/07). 

Berdasarkan catatan yang ada, Kabupaten Siak mampu memperoleh PAD dari sektor migas mencapai Rp 300 miliar per tahun. 

Ditegaskan oleh Mustaqim, tambahan PAD dari sektor migas akan membantu persoalan besar berupa penurunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) secara drastis. 

"Beberapa tahun lalu kita memiliki APBD hingga Rp 2 triliun lebih. Kemudian mengalami penurunan hingga kini hanya tersisa Rp 1 triliun lebih,“ ungkapnya.

“Kabupaten kita merupakan daerah yang kaya. Berbagai sumber kekayaan alam ada di dalamnya. Dengan upaya selama ini, kita berharap mampu membuahkan hasil positif bagi kemajuan tanah Benuo Taka tercinta," tutup Mustaqim. RH