Jumat, 28 Juli 2017

PHE Abar Akan Bor Sumur Karunia-1X di Lepas Pantai Jawa Barat

Jakarta, OG Indonesia -- Kendati bisnis Migas belum sepenuhnya pulih, PT Pertamina (Persero) dan anak usahanya di sektor hulu migas tetap agresif untuk mendapatkan cadangan dan menggenjot produksi. Seperti PT Pertamina Hulu Energi (PHE) Abar yang akan mulai pengeboran sumur eksplorasi Karunia-1X di lepas pantai utara Jawa Barat.

Dikatakan oleh General Manager PHE Abar Theodorus Duma di Jakarta, Kamis (27/07), Blok Abar dikelola PHE sejak 22 Mei 2015. Blok yang membentang di lepas pantai Jawa Barat dari wilayah Jakarta hingga Subang ini luasnya mencapai sekitar 8.000 km persegi yang secara geografis letaknya berdekatan dengan Offshore North West Java (ONWJ).

Di bawah pengawasan  SKK Migas, PHE Abar mempunyai komitmen pasti untuk mengoptimalkan kinerja dalam tiga tahun pertama masa eksplorasi. “Komitmen pasti tersebut terdiri dari pekerjaan G & G, akuisisi dan processing seismic 2D, dan pemboran satu sumur eksplorasi,” tegas Theodorus Duma.

Sebagai wujud Komitmen Pasti tersebut, selama tahun 2015 hingga 2017, PHE Abar telah menyelesaikan studi G & G dan survey laut seismik 2D sepanjang 1.990 km. “Saat ini kami tengah mempersiapkan pengeboran sumur eksplorasi Karunia-1X,” tambahnya.

Sumur Karunia-1X  terletak dekat dengan Blok ONWJ. Apabila ditemukan cadangan Hidrokarbon yang ekonomis, komersialisasi blok dapat segera dilakukan dengan memanfaatkan fasilitas existing di PHE ONWJ. 

“Itu dulu kita fokuskan, baru berpindah ke prospek yang lain, termasuk mencari new play concept, misalnya untuk deep target,” pungkasnya. RH