Jumat, 21 Juli 2017

Tambang Emas Martabe Bangun Amphitheatre Sopo Daganak di Batangtoru


Tapanuli Selatan, OG Indonesia -- Presiden Direktur PT Agincourt Resources Tim Duffy beserta jajaran manajemen perusahaan serta Muspika Kecamatan Batangtoru dan Muara Batangtoru, Kabupaten Tapanuli Selatan melakukan peletakkan batu pertama (groundbreaking) pembangunan gelanggang pertunjukan terbuka (Amphitheatre) Sopo Daganak di Jalan 2 Desa Napa, Kecamatan Batangtoru, pada Rabu (19/07). Amphitheatre Sopo Daganak ini dibangun di atas lahan seluas lebih kurang 4,430 meter persegi berkapasitas 500 penonton.

Tim Duffy mengatakan, pembangunan amphitheatre ini merupakan salah satu bentuk perwujudan komitmen Tambang Emas Martabe dalam melaksanakan program CSR perusahaan di bidang pendidikan bagi masyarakat lingkar tambang.

“Pembangunan amphitheatre ini ke depannya diharapkan menjadi tempat untuk menumbuhkembangkan kreativitas seni, sosial dan budaya masyarakat di sekitar lingkar tambang emas Martabe,” kata Tim.

Selain itu, menurut Tim Duffy, gelanggang ini akan menjadi pusat kegiatan aktivitas Taman Baca Anak sekaligus sebagai wadah pemersatu Taman Baca Anak di seluruh Kecamatan Batangtoru dan Kecamatan Muara Batangtoru.

Ia menambahkan, ke depannya gelanggang ini diharapkan akan menjadi arena untuk menggelar berbagai macam pertunjukan seni dan keterampilan masyarakat setempat, seperti pertunjukan tari, drama, puisi, dan lain lain. Di samping tentunya akan menjadi arena yang sangat representatif untuk menggelar kegiatan seminar, pelatihan, festival ataupun pameran bagi warga Kecamatan Batangtoru dan Kecamatan Muara Batangtoru. 

Sabban Lubis, salah satu perwakilan masyarakat setempat menyatakan sangat berterima kasih kepada PT Agincourrt Resources atas kepeduliannya untuk membangun amphitheatre ini. Menurut Sabban, dengan dibangunnya gelanggang ini, ke depannya diharapkan bakat serta kreativitas anak-anak di Batangtoru dan Muara Batangtoru bisa tersalurkan. 

Banyak kemajuan yang sudah terlihat dari anak-anak di Kecamatan Batangtoru dan Muara Batangtoru dengan adanya Taman Baca Anak. “Mereka sekarang lebih berani untuk tampil di atas panggung. Terima kasih kepada PT Agincourt Resources yang telah peduli,” kata Sabban. 

Sementara itu dalam proses pembangunannya, Tambang Emas Martabe juga melibatkan puluhan tenaga kerja dari masyarakat sekitar lingkar tambang sehingga memberikan dampak positif perekonomian masyarakat setempat. Fasilitas ini direncanakan tuntas dalam beberapa bulan ke depan. 

Pada acara peletakan batu pertama tersebut dihadiri oleh Muspika Kecamatan Batangtoru dan Muara Batangtoru, Kepala Desa dan BPD Desa Napa, Tokoh Agama dan Tokoh Adat Desa Napa, Pemerhati Pendidikan, Pengelola dan perwakilan anak-anak Taman Baca serta Kontraktor Pelaksana Proyek. RH