Selasa, 15 Agustus 2017

Fitur MID Baleno Hatchback Bisa Pantau Efisiensi Bahan Bakar

Foto: Hrp
Tangerang, OG Indonesia -- Pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) resmi memperkenalkan generasi terbaru Suzuki Baleno hatchback. Salah satu fitur menarik yang terdapat pada Baleno baru ini adalah MID (Multi Information Display) Baleno yang salah satu fungsinya bisa mengetahui tingkat efisiensi bahan bakar kendaraan.

Fitur MID di balik kemudi Baleno hatchback berukuran 4,2 inchi dengan 6 layar berbeda, yakni indikator pintu, tampilan jam, konsumsi BBM, driving time, serta indikator torsi dan tenaga.

"MID-nya Baleno kali ini cukup berbeda dengan MID-MID Suzuki lainnya, di sini banyak hal yang kita bisa customize," kata Yulius Purwanto, Marketing 4W Produk Development Accessories Manager Suzuki Indomobil Sales di GIIAS 2017, ICE BSD, Tangerang, Senin (14/08).

Diterangkan oleh Yulius, kalau hanya setting unit jarak dari kilometer per hour ke miles per hour, mungkin sudah biasa. Atau bisa mengganti-ganti opsi bahasa di MID pun juga biasa. "Yang kami rasa menarik adalah fuel reset," jelas Yulius.

Di mana bisa dilakukan fuel reset manakala setiap habis mengisi bahan bakar. "Jadi setiap isi bahan bakar dia akan reset kembali. Sehingga setelah isi penuh bahan bakar bisa dilihat average fuel consumption berdasarkan setingan tersebut," tuturnya.

Pemakaian bahan bakar juga bisa dipantau per waktu tertentu atau bisa juga per setiap kali mobil dinyalakan (driving cycle). "Kalau pakai driving cycle, misal saya pakai mobil dari rumah ke kantor saya di Pulogadung bisa dilihat average konsumsi bahan bakarnya. Lalu dari Pulogadung ke ICE BSD bisa dilihat juga konsumsi bahan bakarnya," papar Yulius.

"Kalau berdasarkan waktu, misal setiap lima menit dia akan meng-capture berapa konsumsi bahan bakar. Jadi bisa membantu pengendara untuk melihat kondisi pemakaian bahan bakar," sambungnya. 

Baleno hatchback memiliki dimensi sepanjang 3.995 mm, lebar 1.745 mm, tinggi 1.510 mm, dan jarak summbu roda 2.520 mm, sehingga menjanjikan ruang kabin yang lapang. Kendaraan ini juga diperkuat dengan mesin 1.373 cc, dan tenaga yang dihasilkan mobil ini adalah 92,4 PS pada 6.000 rpm dan torsi 130 Nm pada 4.200 rpm.

Harga yang Suzuki tawarkan untuk Baleno hatchback ini bisa dikatakan terjangkau untuk kelasnya, di mana kendaraan ini dibanderol Rp 195 juta untuk transmisi manual, sementara untuk yang transmisi matik dijual Rp 207,5 juta. RH