Rabu, 23 Agustus 2017

Lomba Foto dan Anugerah Pewarta Astra 2017 Tawarkan Hadiah Mobil

Jakarta, OG Indonesia -- Lomba Foto Astra (LFA) dan Anugerah Pewarta Astra (APA), program tahunan PT Astra International Tbk dalam upaya mengapresiasi karya foto dan tulis para jurnalis serta masyarakat umum kembali dibuka. Peluncuran kedua program ini dilakukan pada hari Rabu (23/08) di Candi Bentar Convention Hall, Putri Duyung Ancol, Jakarta Utara.

Sejalan dengan perayaan HUT ke-60 Astra, kedua lomba ini mengangkat tema Perjalanan Penuh Inspirasi yang menitikberatkan pada perjalanan 60 tahun Astra dalam menginspirasi negeri. Pendaftaran kedua lomba ini dibuka mulai tanggal 23 Agustus 2017 sampai 31 Desember 2017.

Presiden Direktur PT Astra International Tbk Prijono Sugiarto mengatakan, selama hampir 60 tahun kegiatan bisnis Astra tidak terlepas dari lingkungan dan masyarakat sekitar. "Pada prinsipnya, di mana pun Astra berada, harus memberikan manfaat bagi lingkungan sekitarnya. Perusahaan tidak hanya harus menguntungkan, tetapi juga harus berkelanjutan sejalan dengan filosofi kami, Catur Dharma," ucapnya.

Dalam acara Kick-Off LFA-APA 2017 menghadirkan Ketua Pengurus Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) Henry C. Widjaya dan Ketua Pengurus Yayasan Pendidikan Astra–Michael D. Ruslim (YPA-MDR) Arietta Andriany yang turut membagikan kisah tentang berbagai kontribusi sosial yang telah dilakukan Astra melalui yayasan-yayasannya. 

Seperti YDBA yang merupakan yayasan yang didirikan oleh pendiri Astra, William Soeryadjaya pada 1980 dengan filosofi Berikan Kail Bukan Ikan. YDBA berfokus pada pembinaan UMKM yang meliputi UMKM manufaktur, baik terkait value chain bisnis Astra, maupun yang tidak terkait.

"YDBA telah mendirikan 16 cabang Lembaga Pengembangan Bisnis (LPB). Untuk membantu UMKM dan masyarakat di daerah dalam mendapatkan akses pembiayaan, YDBA bersama Grup Astra sampai saat ini juga telah mendirikan 10 LKM/koperasi. Hingga Desember 2016, YDBA telah memberikan pembinaan kepada 9.828 UMKM, melatih 701 pemuda putus sekolah menjadi mekanik dan secara tidak langsung telah menciptakan 3.205 lapangan pekerjaan melalui UMKM yang kami fasilitasi,” ucap Henry C. Widjaja.

Di acara yang sama, Arietta Andriany juga berbagi cerita mengenai sekolah dan siswa binaan yang telah mendapat bantuan dari YPA-MDR. Di mana sejak tahun 2006, YPA-MDR telah membina 67 sekolah negeri, 905 guru dan 16.058 siswa. Yang terdiri dari 54 SD, 9 SMP dan 4 SMK yang terletak di Bogor, Gunungkidul, Bantul, Lampung Selatan, Pacitan, Kutai Barat, Kupang, dan Serang. 

"YPA-MDR terus berusaha meningkatan kualitas pendidikan di daerah prasejahtera melalui empat pilar pembinaan yaitu akademis, karakter, kecakapan hidup dan seni budaya sehingga menjadi Sekolah Swapraja menuju Sekolah Unggul,” ujar Arietta.

Selain itu, kick-off LFA APA juga dimeriahkan oleh fotografer traveling sekaligus Juara 1 Umum LFA 2015 Sandy Wijaya dan penulis serta content writer Muhammad Arif Rahman yang membagikan pengalaman mereka di dunia fotografi dan tulis-menulis.

Lomba Foto Astra 2017
Lomba Foto Astra (LFA), yang tahun ini memasuki tahun ke-8, merupakan program dalam upaya mengapresiasi hasil karya foto, baik dari kalangan pewarta foto maupun masyarakat umum. Melalui tema Perjalanan Penuh Inspirasi, Astra mengajak masyarakat umum dan pewarta foto untuk mengabadikan momen traveling menikmati keindahan Indonesia. Foto yang diikutsertakan dalam lomba ini diharapkan dapat memberi inspirasi bagi seluruh mata yang memandang.

Anugerah Pewarta Astra 2017
Anugerah Pewarta Astra, yang memasuki tahun pelaksaan ke-3, merupakan bentuk apresiasi yang diberikan kepada jurnalis maupun masyarakat umum atas karya tulis tentang kontribusi sosial Astra bagi bangsa. Melalui tema Perjalanan Penuh Inspirasi, Astra ingin mengajak para penulis Indonesia menuliskan mengenai inspirasi perjalanan 60 tahun Astra yang dilandasi oleh filosofi Catur Dharma, dimana Astra telah menginspirasi Indonesia melalui produk dan layanan karya anak bangsa, sumber daya manusia yang unggul serta kontribusi sosial yang berkelanjutan bagi bangsa dan negara (3P Astra - Portfolio, People, Public Contribution).

Hadiah Menarik
LFA dan APA 2017 dimeriahkan dengan berbagai hadiah menarik. Masing-masing juara pertama LFA & APA 2017 kategori wartawan dan umum berhak membawa pulang 4 buah Astra Daihatsu Ayla Type M AT. Berikut total hadiah yang dapat dimenangkan oleh peserta LFA dan APA 2017:

Juara I: 4 Astra Daihatsu Ayla Type M AT

Juara II: 4 All New CBR 150R

Juara III: 4 Fujifilm XA10

Juara Harapan: 8 Samsung Gear 360 2017

Juara Favorit: 40 Xiaomi Redmi 4X

Untuk ketentuan yang lebih detail tentang kedua lomba ini serta informasi tentang pendaftaran, masyarakat Indonesia dapat mengunjungi: www.satu-indonesia.com