Jumat, 04 Agustus 2017

Sucofindo Siap Dukung Operasi Panas Bumi Geo Dipa

Jakarta, OG Indonesia -- Sucofindo kembali melakukan sinergi dengan BUMN, kali ini dengan PT Geo Dipa Energi yang sepakat menjalin kerjasama melalui penggunaan teknologi terkini (Advance Non Destructive Test) dalam rangka mempertahankan kehandalan fasilitas dari sumur (Well), jaringan pipa panas bumi hingga Pembangkit listrik yang ada.

Acara Penandatanganan nota kesepahaman dihadiri oleh Direktur Komersial I Sucofindo Heru Riza Chakim, dan Direktur Utama PT Geo Dipa Energi, Ricky Firmandha Ibrahim, Jumat (04/08) di Kantor Pusat PT Geo Dipa Energi Jakarta.

Heru Riza Chakim mengatakan sebagai BUMN Jasa pemastian, Sucofindo siap membantu PT Geo Dipa Energi dari hulu ke hilir terutama dalam pengembangan sektor gas alam. “Kami siap mendukung Geo Dipa mulai dari tahap ekplorasi, hingga ke pembangkit," ungkap Heru. 

Sucofindo khususnya akan memberikan data terkini atas kondisi jaringan pipa panas bumi dan seluruh peralatan top surface fasilitasnya. "Sehingga dengan waktu yang singkat dan hasil yang lebih presisi,  PT Geo Dipa Energi mampu meminimalkan terjadinya Unplan Shutdown dan dapat meningkatkan produktifitas listriknya," ungkap Heru. 

Sesuai dengan standar Quality Manajemen Sistem (QMS), Sucofindo melakukan pemeriksaan secara berkala, melakukan pemeliharaan dan kemungkinan penggantian bagian-bagian (part) tertentu pada jaringan pipa gas dan equipment yang lain. 

Selain itu Heru juga menjelaskan bahwa kini Sucofindo memiliki peralatan NDT dengan teknologi terkini yang merupakan satu-satunya di Indonesia. Sucofindo dengan Chugai Technos Jepang telah bekerjasama untuk mengoptimalkan  teknologi NDT Advance “Scale Checker” yang dapat  membaca profil jaringan pipa terhadap tebalnya endapan yang ada di dalamnya.

Menurut Heru, teknologi ini juga mampu menganalisa jenis cacat, mengidentifikasi korosi dan erosi, mendeteksi retak, pitting, wall loss pada material ferro. 

Dibandingkan teknologi sebelumnya, NDT Advance ini lebih efisien, dan presisi. Heru juga melanjutkan bahwa tekonologi ini kini telah ada di tiga Cabang Utama SUCOFINDO yakni Jakarta (Tanjung Priok), Balikpapan, dan Cilacap. 

Pada kesempatan tersebut Dirut PT Geo Dipa Energi, Ricky Firmandha mengatakan, bahwa kerjasama perusahaannya dengan Sucofindo untuk jasa inspeksi, bukanlah yang pertama kali, sedangkan untuk inspeksi dengan peralatan Scale Checker ini sudah dilakukan pada instalasi pipa di Dieng. "Untuk itu kami tertarik bekerjasama lebih lanjut untuk daerah lainnya," ujarnya.

Sucofindo juga terus berkomitmen mendukung program Pemerintah dalam rangka menjamin ketersediaan sumber energi, melalui jasa-jasa di bidang  Analisa Laboratorium geothermal, Geoscience, Geochemis, Geophisic dan konsultansi lainnya, serta Pengelolaan Asset-Aset Industri energi terbarukan. RH