Minggu, 03 September 2017

Geo Dipa Bidik Lapangan Panas Bumi di Indonesia Timur

Foto: Hrp
Jakarta, OG Indonesia -- PT Geo Dipa Energi sebagai BUMN yang fokus dalam pengembangan panas bumi terus mengembangkan potensi energi panas bumi di berbagai wilayah di Indonesia. Tak hanya di Wilayah Kerja Panas Bumi (WKP) Dieng dan Patuha serta WKP lainnya di pulau Jawa, Geo Dipa juga mulai membidik lapangan-lapangan geothermal di luar Jawa.

Geo Dipa telah memiliki sejumlah WKP di pulau Jawa yaitu WKP Dieng (Jawa Tengah) dan WKP Patuha (Jawa Barat), serta yang terbaru WKP Umbul Telomoyo (Jawa Tengah) dan WKP Arjuno Welirang (Jawa Timur).  

"Jadi Geo Dipa tak hanya beroperasi di Jawa Barat dan Jawa Tengah tapi sudah beroperasi ke Jawa Timur. Jadi pulau Jawa sudah," kata Direktur Keuangan Geo Dipa M. Ikbal Nur dalam konferensi pers di kantor Geo Dipa, kawasan Blok M, Jakarta Selatan, Kamis (31/08).

Diterangkan olehnya bahwa pihak Geo Dipa juga ingin melebarkan sayap operasinya ke luar pulau Jawa. "Kami berencana, ingin juga ke luar Jawa, ke Indonesia Timur dan Indonesia Tengah," tuturnya.

Pihak Geo Dipa sendiri sudah berkoordinasi dengan Kementerian ESDM terkait titik-titik lokasi di luar Jawa yang energi panas buminya potensial untuk dikembangkan. "Litbang (ESDM) itu mengajak kami untuk segera masuk ke Indonesia bagian timur, begitu juga dengan PLN," sambung Direktur Utama Geo Dipa Riki Ibrahim dalam kesempatan yang sama.

Ada beberapa lokasi yang dilirik oleh Geo Dipa di antaranya di Flores, Halmahera, sampai Sulawesi. "Strategi kami minimal (harus punya potensi) 500 Megawatt. Karena kalau kita mengejar yang kecil-kecil maka pengeborannya nanti akan lebih mahal, tapi kalau besar otomatis kita bisa menurunkan biaya pengeboran," pungkas Riki. RH