Senin, 25 September 2017

Indika Energy Kuasai 91% Kepemilikan Saham di Kideco

Foto: Hrp
Jakarta, OG Indonesia -- PT Indika Energy Tbk. bersama anak perusahaan yang dimiliki penuh yaitu PT Indika Inti Corpindo (PT Indika Energy Tbk. dan PT Indika Inti Corpindo) menandatangani Perjanjian Pembelian Saham secara terpisah dengan Samtan Co., Ltd. dan PT Muji Inti Utama untuk menguasai kepemilikan saham di PT Kideco Jaya Agung.

Dengan perjanjian yang ditandatangani pada Jumat (22/09) tersebut, Indika Energy berhasil mengakusisi tambahan 40% saham PT Kideco Jaya Agung dari Samtan dan 5% saham Kideco dari Muji dengan indikasi nilai transaksi  keseluruhan  sekitar  USD 677,5 juta.  

Dengan demikian maka Indika Energy akan menjadi pemegang saham mayoritas di Kideco dengan total kepemilikan 91% saham dan Samtan akan mempertahankan kepemilikan 9% saham di Kideco. Dari 91% saham Indika Energy, rinciannya sebesar 51% dikuasai oleh PT Indika Inti Corpindo dan 40% dipegang oleh PT Indika Energy Tbk. 

Dikatakan oleh Direktur Utama dan CEO Grup Indika Energy Arsjad Rasjid, Indika Energy telah membangun portofolio bisnis yang terintegrasi di bidang sumber daya, jasa, dan infrastruktur energi.  

“Dengan cadangan dan sumber daya batubara yang besar serta keunggulan operasionalnya, Kideco menjadi fondasi pertumbuhan Indika Energy yang berkelanjutan. Transaksi ini jelas menguatkan posisi Indika Energy di rantai nilai nilai bisnis  energi,“ ujar Arsjad.  

Dengan menjadi pemegang saham pengendali di Kideco, Indika Energy berpotensi membangun sinergi yang lebih erat antara Kideco dengan anak-anak perusahaan di dalam Grup Indika Energy, seperti kontraktor pertambangan PT Petrosea Tbk. dan perusahaan jasa transportasi dan logistik batubara PT Mitrabahtera Segara Sejati Tbk.   

Pihak Indika Energy menyampaikan, diharapkan transaksi ini dapat selesai pada kwartal keempat tahun 2017 dengan pemenuhan syarat dan kondisi, serta diperolehnya persetujuan-persetujuan sesuai peraturan yang berlaku seperti yang tertera dalam Perjanjian. RH