Kamis, 28 September 2017

Medco E&P Indonesia Kembali Pasok Gas untuk Rumah Tangga di Sumsel

Foto: Hrp
Musi Banyuasin, OG Indonesia -- PT Medco E&P Indonesia (Medco E&P) kembali memasok produksi gas dari lapangannya untuk kebutuhan program jaringan gas kota.

Setelah di Kota Tarakan, Kalimantan Utara dan Kota Palembang, Sumatera Selatan. Kini, pada 27 September 2017, giliran warga Kota Sekayu akan menikmati gas yang dipasok dari lapangan gas milik Perusahaan Migas Swasta Nasional ini. Pasokan gas yang akan dimanfaatkan untuk kebutuhan rumah tangga ini, diharapkan dapat menghemat pengeluaran biaya hidup warga Kota Sekayu, Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan.

Keberhasilan program gas kota di Sekayu ini dapat terlaksana berkat kerja sama dan koordinasi yang baik antara Kementerian ESDM, SKK Migas, dan kerja cepat dari Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin. Hingga saat ini, pasokan gas Medco E&P untuk program gas kota sudah dinikmati oleh 21.000 rumah di Kota Tarakan dan 5.000 rumah di Kota Palembang. 

Menurut rencana, gas dari lapangan-lapangan Medco E&P di Blok South Sumatra akan disalurkan oleh PGN ke 6.031 sambungan gas rumah tangga di Kota Sekayu secara bertahap. Pasokan ke Kota Sekayu ini menegaskan kembali komitmen Perusahan dalam memproduksi gas untuk kebutuhan domestik. Pasokan gas tersebut akan disalurkan melalui jaringan gas kota yang dikelola oleh Perusahaan Gas Negara (PGN). 

Dalam mengelola pasokan gas tersebut, Medco E&P dan PGN akan menyepakati Perjanjian Jual Beli Gas (PJBG) yang diketahui oleh SKK Migas. Jumlah gas yang akan dipasok dari Medco E&P kepada PGN rencananya sebesar 0,25 MMSCFD, selama 10 tahun. 

“Kami berharap, gas dari Medco E&P dapat terus bermanfaat bagi masyarakat di sekitar wilayah operasi, Sumatera Selatan. Medco E&P juga yakin, bahwa tujuan bisnis Perusahaan dalam menyediakan energi hanya dapat dicapai dengan menciptakan sinergi antara keberlanjutan usaha dengan pengembangan masyarakat dan kearifan lokal. Untuk itu, kami harap dukungan dari seluruh pemangku kepentingan yang selama ini diberikan dapat terus berjalan dan ditingkatkan” ujar Manager of Public Affair & Security, Sutami. RH