Selasa, 03 Oktober 2017

Andalkan Satu Sumur, MontD'Or Bisa Produksi 489 Barel Minyak Per Hari

Tanjung Jabung Barat, OG Indonesia -- Kendati hanya mengandalkan satu sumur, perusahaan minyak MontD'Or, mampu menghasilkan 489 barel minyak per hari dari sumurnya di Pematang Lantih, Kecamatan Muara Papalik, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Provinsi Jambi.

Hal tersebut dikatakan Field Operation Superintendent MontD'Or Andri Betmanto, seperti dikutip dari antarajambi.com, Senin (02/10). "Sumur di Pematang Latih ini hanya satu, namun mampu menghasilkan minyak rata-rata 489 barel per hari selama 2017. Dengan produksi tertinggi per hari 568 barel dan terendah 436 barel per hari," ucap Andri.

Untuk jumlah produksi tahun 2017 ini, diungkapkan Andri cenderung menurun dari tahun pertama sumur mulai diekspolitasi pada tahun 2015 lalu. Kala itu sumur MontD'Or mampu menghasilkan 1.300 barel per hari, lalu pada 2016 mampu memproduksi sebanyak 700 barel per hari.

Diterangkan olehnya, daerah operasi MontD'Or terdapat dua lokasi, yaitu di Mangopeh Kabupaten Tebo sebanyak 20 sumur dan Pematang Lantih satu sumur. Untuk sumur-sumur di Mangopeh Tebo, secara total hanya bisa menghasilkan minyak rata-rata per hari sebanyak 507 barel. Jika dibandingkan dengan sumur Pematang Lantih tentu saja produksi tersebut tidak lagi ekonomis.

"Namun sumur di Mangopeh tetap kita pertahankan karena banyak pekerja yang menggantungkan ekonominya di situ. Tentu saja kalau tidak ada sumur di Pematang Lantih ini perusahaan kita akan kolaps," tuturnya.

Pada tahun 2018, diungkapkan Andri, pihaknya berencana menambah dua sumur lagi. Sehingga produksi minyak dari Pematang Lantih diperkirakan bisa mencapai 1.500 barel per hari.

Andri juga mengungkapkan, terdapat keunikan sendiri pada sumur minyak dengan kedalam 1.300 meter milik MontD'Or di Pematang Lantih ini, di mana dalam pengelolaannya tidak menggunakan alat bantu apapun (natural flow) karena minyak keluar sendiri. RH