Senin, 30 Oktober 2017

IBP Energi Bantu SBG Bor Sumur Eksplorasi Geothermal di Banten

Dharmizon Piliang, President Dorector/
Co-Founder PT IBP Energi.
Foto: Hrp
Jakarta, OG Indonesia -- Perusahaan jasa pengeboran PT IBP Energi akan segera melakukan kegiatan pengeboran eksplorasi di lapangan Rawa Danau, Wilayah Kerja Panas Bumi (WKP) Kaldera Danau Banten yang dikelola oleh PT Sintesa Banten Geothermal (SBG).

Diceritakan oleh Dharmizon Piliang, President Director/Co-Founder PT IBP Energi, bahwa perusahaannya mendapatkan proyek pengeboran di Rawa Danau tersebut dengan nilai proyek sebesar USD 40 juta. 

Potensi geothermal yang ada di WKP Kaldera Danau Banten sendiri diperkirakan mencapai 110 Megawatt (MW), di mana target awal pemanfaatan panas bumi dari WKP yang berlokasi di Kabupaten Serang dan Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten tersebut sebesar 30 MW. 

"Rencananya kita akan melakukan eksplorasi di satu cluster yang sama, ada enam sumur dengan target minimum 5 MW per masing-masing sumur," jelas Dharmizon kepada OG Indonesia di Jakarta, Senin (30/10). Namun ia menambahkan bahwa pihaknya menyimpan optimisme lebih bahwa tiap sumurnya mungkin saja bisa menghasilkan sampai 10 MW. 

Saat ini proses penyelesaian akses infrastruktur ke lokasi pengeboran panas bumi di Rawa Danau terus dilakukan untuk mengejar target rampungnya akses jalan dan terpasangnya wellpad pada akhir November 2017. "Progress-nya cukup baik, kita membuka jalan ke atas gunung itu sudah sekitar 30 persen," jelasnya.

Sementara untuk pengeboran eksplorasi diharapkan bisa mulai dilakukan pada awal November atau akhir Desember 2017. "Total depth yang mau kita bor di kisaran 1.600 sampai 2.000 meter," ucap Dharmizon.

Untuk rig yang digunakan, Dharmizon menjelaskan akan memakai rig dengan tenaga sebesar 1.200 sampai 2.000 HP. "Ini sudah siap rignya, tinggal diinspeksi saja hari Rabu (01/11) besok oleh (Ditjen) EBTKE," tuturnya. "Jadi kita siap mengebor," pungkas Dharmizon. RH