Kamis, 16 November 2017

Konsep Manajemen Harus Bangun Daya Saing di Sektor Publik

Bramantyo Djohanputro, Direktur
Eksekutif PPM Manajemen
Bogor, OG Indonesia -- Konsep manajemen kini tak hanya diperuntukkan bagi sektor korporasi. Sektor publik pun harus dikelola dengan manajemen yang baik agar bisa dapat bersaing dan meningkatkan kualitas pelayanannya.

"Saat ini, kebijakan publik itu berpengaruh terhadap korporasi dan ekonomi, jadi perlu manajemen yang baik," kata Direktur Eksekutif PPM Manajemen Bramantyo Djohanputro dalam acara media grathering PPM Manajemen di Highland Park Resort, Bogor, Rabu (15/11).

Bramantyo mengingatkan agar pemimpin instansi sampai kepala daerah yang memegang kendali kebijakan publik harus mampu mengelola instansinya dengan manajemen yang baik sebab persaingan saat ini juga terjadi antar sektor publik.

"Kalau misal Pemda Bekasi bisa meningkatkan daya saing (lewat manajemen yang baik), maka dia akan lebih dapat menarik investor dibandingkan pemda yang lain," jelas Bramantyo. 

"Saingannya bukan lagi Pemda Depok, tapi Kabupaten di Vietnam atau Kabupaten di Kamboja," tambahnya seraya mengingatkan persaingan saat ini yang sudah terjadi lintas negara.

Menyadari hal tersebut, PPM Manajemen sebagai lembaga pendidikan manajemen pertama di Indonesia pun merasa pendidikan manajemen bagi pemimpin-pemimpin pada sektor kebijakan publik menjadi sangat diperlukan, bukan hanya untuk pemimpin korporasi.

"Karena para pemimpin di sektor publik saat ini pun diukur kinerjanya seperti seorang manajer, diukur oleh ukuran-ukuran yang jelas," ucap Bramantyo. 

PPM Manajemen pun menargetkan dalam 50 tahun ke depan tidak hanya ingin dikenal menjadi lembaga manajemen ternama untuk orang-orang korporasi saja, tetapi juga untuk sektor publik.

"PPM tidak hanya ingin dikenal di sektor korporasi, tetapi juga sektor publik. Kita ingin berkontribusi bagi Indonesia dan dikenal lewat sektor manajemen serta kepemimpinan," tutup Bramantyo. RH