Rabu, 01 November 2017

Laba Bersih Elnusa Kembali On-Track di Kuartal III 2017

Foto: Hrp
Jakarta, OG Indonesia -- PT Elnusa Tbk, salah satu perusahaan nasional terkemuka penyedia jasa energi, mulai mengalami perbaikan kinerja terutama pada laba bersih pada kuartal ketiga tahun 2017 ini. Performa apik ini sudah sesuai dengan prediksi sebelumnya dari manajemen Elnusa.

Berdasarkan catatan Elnusa, setelah pada semester I lalu laba bersih tercatat Rp 14,4 miliar, maka hingga kuartal III ini Elnusa mampu mencetak laba bersih sebesar Rp 85,6 miliar atau hampir lima kali lipat dibanding laba yang dapat dihasilkan sepanjang semester pertama tahun ini.

Direktur Keuangan Elnusa Budi Rahardjo, memaparkan bahwa pendapatan Elnusa pada September 2017 ini meningkat signifikan sebesar 31,6% menjadi Rp 3,3 triliun dibanding pendapatan pada periode yang sama tahun sebelumnya. 

"Meskipun laba bersih masih lebih rendah dari September tahun lalu karena bisnis jasa non aset dan jasa hilir yang memang tidak memiliki marjin sebesar bisnis jasa hulu migas berbasis aset, namun kami melihat dengan hasil kinerja baik dari sisi revenue maupun laba bersih sepanjang tiga bulan terakhir ini mengindikasikan bahwa Elnusa sudah kembali on-track sesuai ekspektasi," beber Budi, Selasa (31/10) di Jakarta.

Diterangkan Budi, hasil yang dicapai saat ini sebagai dampak dari optimalnya performa beberapa proyek besar Elnusa yang baru dimulai pada paruh kedua tahun ini, di antaranya proyek survei seismik darat 3D di Papua Barat, proyek survei seismik lepas pantai yang menggunakan kapal seismik ELSA Regent di Laut Andaman Aceh, proyek pengeboran untuk pekerjaan sumur eksplorasi di wilayah Kalimantan Timur yang menggunakan rig modular berkapasitas 1600 HP, serta beberapa pekerjaan Engineering-Procurement-Construction & Operation-Maintenance (EPC-OM).  

Selain itu, pemulihan kinerja Elnusa juga tak lepas dari kontribusi jasa hilir migas melalui anak usaha PT Elnusa Petrofin yang sangat signifikan. “Kinerja jasa hilir migas pada tahun ini memuaskan kami. Pertumbuhan terjadi hampir di semua unit usaha hilir Elnusa Petrofin, baik dari unit transportasi, manajemen depo maupun bisnis perdagangan BBM industri marine," terangnya.

Mengingat pasar yang makin berkembang seiring dengan program pemerintah di bidang pemerataan distribusi energi dan kebutuhan masyarakat akan BBM yang semakin meningkat ditambah dengan profesionalisme serta kompetensi yang dimiliki, pihak Elnusa yakin ke depannya bisnis jasa hilir migas Elnusa akan semakin tumbuh lebih tinggi lagi. RH