Senin, 06 November 2017

Pembangunan Proyek Gas Blok A di Aceh Capai 60%

Jakarta, OG Indonesia -- PT Medco Energi Internasional Tbk menargetkan pengembangan proyek fasilitas produksi gas Blok A di Aceh akan bisa on-stream pada kuartal pertama tahun 2018.

"Proyek (Blok A) ini sudah start sejak 2015 akhir, sekarang progress-nya sudah sekitar 60 persen," kata Ronald D Gunawan, Chief Operating Officer PT Medco Energi Internasional Tbk di Jakarta, Senin (06/11), menerangkan tentang proses Engineering, Procurement dan Construction (EPC) fasilitas produksi Blok A per Oktober 2017.

Dengan pembangunan fasilitas produksi gas tersebut, nantinya gas dari Blok A di Aceh Timur akan mengalir melalui pipa Arun Belawan untuk kepentingan industri pupuk dan kelistrikan di wilayah tersebut. 

Untuk tahap I diperkirakan akan memonetisasi 237 TBTU gas dan 5,17 MMBO kondensat untuk pasar dalam negeri. "Gasnya akan kita kirim ke Pertamina sekitar 58 Billion British Thermal Units (BTU) per day, dengan kontrak selama 13 tahun," terangnya.

Dilanjutkan oleh Ronald, pembiayaan untuk proyek Blok A tersebut telah selesai pada pertengahan tahun 2017 ini. Dengan demikian, saat ini Medco dapat fokus melakukan pembangunan dan pengembangan di blok tersebut. 

"Sekarang kita sedang kembangkan Alur Rambong dan Alur Siwah. Kemudian ada beberapa discovery yang belum kita kembangkan yaitu di Matang dan Kuala Langsa," jelas Ronald.

Di Blok A, Grup Medco lewat Medco E&P Malaka bertindak sebagai operator dengan kepemilikan participating interest sebesar 85%, sementara sisanya sebesar 15% dikuasai oleh Kris Energy (Aceh B.V.). RH