Senin, 11 Desember 2017

Inilah Daftar Kampus Terhijau di Dunia Versi UI Green Metric

Depok, OG Indonesia -- University of Wageningen menjadi Kampus Hijau terbaik di dunia berdasarkan UI Green Metric World University Ranking 2017. Sedangkan, peringkat kedua dan ketiga adalah University of Nottingham dan University of California, Davis. Di tingkat Indonesia, Universitas Indonesia (UI) kembali meraih predikat Kampus Hijau Terbaik.

Tahun ini, ranking UI Green Metric diikuti oleh 619 universitas dari 76 negara. Pengumuman dilakukan pada Senin (11/12) di Kampus UI Depok yang disaksikan oleh Rektor UI Muhammad Anis, Ketua UI Green Metric Riria Fitria Sari, serta perwakilan dari Kementeriam Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta Kementerian Riset dan Teknologi.

University of Wageningen meraih total skor 7,552.00 memiliki keunggulan sebagai universitas berbasis pertanian di Belanda. Universitas ini menerapkan unsur green dalam seluruh aspek perkuliahan dan penelitiannya. University of Nottingham dengan total skor 7,464.00 menunjukkan keunggulannya pada pendidikan dan pengolahan sampah serta inovasi di renewable energy. Sementara Univesity of California, Davis dengan skor 7,365.00 memiliki jurusan enviromental science serta berkomitmen kuat jaga lingkungan kampusnya tetap asri.

UI Green Metric merupakan inovasi UI yang telah dikenal dunia internasional sebagai pemeringkatan perguruan tinggi pertama di dunia berbasis komitmen tinggi dalam pengelolaan lingkungan hidup kampus. Tahun ini jumlah peserta UI Green Metric meningkat sebanyak 101 universitas dibanding tahun 2016. Sementara di Indonesia, juga meningkat menjadi 58 universitas.

"UI melalui UI Green Metric konsisten mempertahankan kepeloporannya dalam pemeringkatan sustainabilitas perguruan tinggi melalui pengembangan alat ukur kampus hijau yang kini telah banyak diadopsi oleh universitas di dunia. Diharapkan melalui perangkingan UI Green Metric, perguruan tinggi sedunia mampu mengambil bagian pada upaya preventif dan kuratif dalam rangka mitigasi dampak perubahan iklim," ucap Rektor UI Muhammad Anis dalam sambutannya.

Berikut daftar peringkat 10 besar Kampus Hijau di Dunia versi UI Green Metric 2017:
1. University of Wageningen
2. University of Nottingham
3. University of California, Davis
4. University of Bradford
5. Nottingham Trent University
6. University of Oxford
7. University of Connecticut
8. Bangor University
9. University College Cork
10.Hochschule Trier - Umwelt-Campus Birkenfeld

Sedangkan daftar peringkat 10 besar Kampus Hijau di Indonesia versi UI Green Metric 2017 adalah sebagai berikut:
1. Universitas Indonesia
2. Institut Pertanian Bogor
3. Institut Teknologi Sepuluh Nopember
4. Universitas Negeri Semarang
5. Universitas Sebelas Maret
6. Universitas Diponegoro
7. Universitas Brawijaya
8. Universitas Islam Indonesia
9. Telkom University
10.Universitas Padjajaran RH