Selasa, 19 Desember 2017

Mengisi Pundi Kas dari Mobil Bekas

Foto: Hrp
Jakarta, OG Indonesia -- Usia nyaris tiga dasawarsa bukan waktu yang singkat. Namun mobil88 berhasil melewatinya dan kini menjadi showroom mobil terkemuka andalan konsumen yang mencari mobil bekas berkualitas di Indonesia.

Berdiri sejak tahun 1988, mobil88 mudah dikenali dengan tersematnya angka "88" pada namanya. Ya, bukan karena angka cantik atau hoki, tapi angka "88" dipakai untuk menunjukkan tahun berdirinya perusahaan. Anak usaha dari PT Serasi Autoraya (SERA) yang berada dalam naungan PT Astra Internasional ini kini telah memiliki 21 cabang yang tersebar di sembilan kota besar, yaitu Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang, Denpasar, Balikpapan, Medan, Pekanbaru, dan Palembang.

Di segmen mobil seken Indonesia, bisa dikatakan mobil88 merupakan showroom mobil terbesar dan terlengkap di Indonesia. Mobil88 pun dapat terus mengisi pundi kasnya lewat showroom mobil bekasnya, di mana usaha mobil bekas ternyata selalu memiliki pasar khusus di tengah masyarakat. 

"Mobil bekas itu menjadi salah satu alternatif bagi masyarakat yang ingin memiliki mobil selain mobil baru, di mana harganya lebih murah dibandingkan mobil baru," ujar Halomoan Fischer Lumbantoruan, Presiden Direktur mobil88 di kantor mobil88 Cilandak, Jakarta Selatan pada Senin (18/12).

Transaksi mobil bekas di Indonesia cukup unik, karena kebanyakan terjadi di luar lingkup dealer mobilnya. Sementara di luar negeri adalah suatu kewajaran membeli mobil bekas di dealer mobil langsung. "Nah, mobil88 hadir sebagai half dealer yang memberikan jaminan kepada customer-nya," tegas Halomoan.

Dalam membeli mobil bekas memang memiliki banyak risiko. Mobil88 menyadari hal ini dan karenanya memberikan buyback guarantee bagi pembeli. Secara garis besar ada dua risiko yang dijamin, yaitu aspek hukum atau kepemilikan kendaraan dan kondisi mobil bekas yang dijual. Dari aspek hukum, semua dokumen kendaraan yang dijual di mobil88 dijamin keasliannya di mana nomor chassis dan mesin kendaraan sesuai dengan dokumen. "Jadi, customer feel free dalam membeli mobil bekas di mobil88," terang Halomoan.

Sementara dari kondisi kendaraan, ada tiga hal penting yang dijamin mobil88 dari mobil seken yang dijual di showroom-nya. Pertama, mobil yang dijual bebas dari kecelakaan. Kedua, mobil juga dijamin bebas dari penggunaan saat kondisi banjir. Dan yang ketiga, kondisi odometer terjamin apa adanya alias tidak diputar. 

"Keahlian mobil88 itu dapat melihat apakah mobil itu bekas tabrakan, bekas banjir, atau kilometernya diputar atau tidak," ujar FX. Kenny Gunadi, Product Development & Business Alliances mobil88 di tempat yang sama. Kenny menggaransi bahwa pihaknya tidak akan mau menerima mobil bekas yang tidak sesuai dengan jaminan yang diberikan dan dijanjikan perusahaan. 

Sementara, dari jarak tempuh yang sudah dilalui kendaraan, mobil bekas yang dijual mobil88 memiliki standar yang dijaga ketat. Di mana untuk mobil dengan usia satu tahun, maksimal sudah dipakai sepanjang 10.000-15.000 kilometer. "Untuk umur di atasnya, berlaku kelipatannya. Kalau lebih dari itu kita nggak beli," imbuh Kenny.

Mobil88 pun mematok usia maksimal mobil seken yang dijual di showroom-nya sampai tujuh tahun. Namun tidak tertutup kemungkinan mobil bekas dengan umur di atas tujuh tahun juga bisa dijual asal kondisinya masih sangat baik karena perawatannya yang apik atau jarak tempuhnya masih rendah.

Brand Astra Mendominasi

Dari keseluruhan mobil seken yang dijual mobil88, sekitar 30%-40% tergolong mobil Low MPV (multi purpose vehicle), Mid MPV sebesar 20%, dan small car di kisaran 14%, sementara sisanya diisi oleh jenis mobil lainnya. "Kalau untuk brand, Astra seperti Toyota dan Daihatsu masih mendominasi dengan 50 sampai 60 persen, sisanya di luar Astra," kata Kenny.

Bicara soal pencapaian penjualan mobil bekas di mobil88 sepanjang tahun 2017, Halomoan Fischer Lumbantoruan mengungkapkan jumlahnya kurang lebih sama dengan tahun sebelumnya. "Ada peningkatan tapi sedikit. Tahun lalu kita bisa closing 2.000 (kendaraan), tahun ini mungkin kita bisa closing sedikit di atas itu," tutur Halomoan. 

Selama hampir 30 tahun beroperasi, mobil88 rata-rata dapat menjual lebih dari 13.000 kendaraan per tahunnya. Persaingan bisnis di segmen mobil bekas kini memang kian berat dan ketat. Karena itu sejak tahun 2015 mobil88 telah mencanangkan Go Retail, di mana ada sejumlah inovasi yang dilakukan perusahaan untuk menarik lebih banyak konsumen. 

Mobil88 pun menggandeng sejumlah perusahaan untuk melakukan promosi serta inovasi  bersama. Beberapa perusahaan yang telah digandeng seperti blibli.com sampai pelumas Shell. Kerja sama dengan blibli.com dilakukan mobil88 guna menyasar pasar online yang kini kian merebak. "Tahun depan kita akan lebih agresif di online, karena market-nya kan sekarang juga bergeser ke anak muda yang sudah digital habit," ucap Halomoan. 

Bersama dengan Shell, per 1 Januari 2018 mendatang mobil88 akan memberi nilai tambah bagi pembeli mobil seken di gerainya. Di mana pembeli dapat merasakan manfaat layanan purna jual (After-Sales Serviceuntuk 1 tahun, yaitu berupa 2 kali ganti oli dengan pelumas Shell dan 2 kali pengecekan umum kendaraan yang mencakup pengecekan filter oli, busi, filter udara, minyak rem dan balancing

"Jadi intinya, kami selalu ingin memberikan lebih, lebih, dan lebih kepada customer kami," pungkas Halomoan. RH