Sabtu, 27 Januari 2018

Buat Jakarta Kian Benderang, PLN Disjaya Pasang Lampu Hias di Taman Mataram

Foto-foto: Hrp
Jakarta, OG Indonesia -- "Beli buku pakai sampul. Bikin pintar hati tenteram. Jumat malam kita kumpul. Selamat datang di Taman Mataram," demikian pantun dari Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno kala memberi kata sambutan saat peresmian taman lampu di Taman Mataram, Kelurahan Selong, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (26/01) malam.

Taman lampu di Taman Mataram tersebut hadir sebagai bagian dari tanggung jawab sosial PT PLN (Persero) Distribusi Jakarta Raya (PLN Disjaya) untuk membuat Jakarta kian benderang. Taman lampu tersebut merupakan wujud kerjasama nyata antara PLN Disjaya dengan Dinas Kehutanan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan menjadi simbol perwujudan gemerlap Ibukota menyambut perhelatan akbar Asian Games 2018.

Taman Mataram sendiri merupakan salah satu taman yang letaknya di pusat kota dan dekat dengan Stadion Senayan sebagai tempat berlangsungnya Asian Games. Letaknya sangat strategis, di seberang jalur MRT dan dekat dengan pusat kota, menjadi daya tarik warga Jakarta yang ingin melepas penat dengan bersantai di Taman Mataram. 

Setelah ada lampu-lampu hias di taman ini maka akan semakin menarik minat warga Jakarta untuk bersantai di malam hari. Taman ini juga bisa digunakan untuk ajang swafoto maupun foto bersama dengan latar belakang lampu-lampu warna-warna yang cantik. "Taman Mataram ini tempat yang bersejarah bagi saya dan istri saya, karena ini taman tempat pacaran kita dulu," cerita Sandiaga disambut gemuruh hadirin yang hadir di acara peresmian. "Tapi zaman now, pacaran harus terang benderang," sambungnya.

Sandiaga mengungkapkan bahwa ia lahir dan besar di kawasan sekitar Taman Mataram. "Saya lahir dan besar di sini, kita rumahnya di Galuh dulu, jadi warga Kampung Senayan namanya. Kita tumbuh dan besar di sini dan senang banget (taman ini) dibuat baik oleh PLN, mudah-mudahan bisa jadi tempat yang bisa mempersatukan warga," ucap Sandiaga.

General Manager PLN Disjaya M. Ihksan Asaad mengungkapkan untuk menerangi Taman Mataram dengan lampu-lampu hias warna-warni pihaknya mengeluarkan anggaran sekitar Rp 100 juta. "Kita bantu Pemprov, dengan listrik ini kita bisa membuat warga Jakarta lebih bahagia," ujar Ikhsan.


Lampu hias warna-warni yang dipasang PLN Disjaya di Taman Mataram merupakan jenis lampu LED yang ramah lingkungan, hemat energi serta aman dan tidak membahayakan bagi pengunjung. Ada sekitar 3 kilometer rangkaian lampu yang membelit pohon-pohon, membentuk hiasan dengan bentuk tertentu, serta menerangi sisi-sisi dari jalan setapak yang ada di Taman Mataram. "Kalau watt-nya itu kurang lebih 9.000 watt," tuturnya.

Diterangkan oleh Ikhsan, nantinya sebelum Asian Games 2018 dimulai, PLN Disjaya juga akan menerangi beberapa taman lagi di Jakarta, seperti Taman Surapati dan Taman Ayodya. “Taman Lampu di Taman Mataram merupakan simbol kesiapan PLN dalam memeriahkan dan menyemarakkan perhelatan Asian Games 2018 wujud aksi Jakarta Kian Bederang,” ujar Ikhsan.

Tak hanya Taman Lampu, PLN Disjaya sudah melaksanakan beberapa aksi CSR lainnya, di antaranya elektrifikasi dan MCK di Pulau Seribu, Sekolah Sungai Ciliwung, bank sampah, kampung binaan, pembangunan fasos/fasum, serta pengembangan kemitraan untuk usaha kecil. RH