Rabu, 31 Januari 2018

Lumayan, 5 dari 10 WK Migas Yang Ditawarkan Tahun 2017 Ada Pemenangnya

Foto: Kementerian ESDM
Jakarta, OG Indonesia -- Dalam lelang Wilayah Kerja (WK) Migas tahun 2017 akhirnya bisa didapatkan 5 pemenang dari 10 WK Migas yang ditawarkan. Pencapaian tersebut lumayan baik di banding tahun 2015 dan 2016 di mana WK Migas yang ditawarkan sepi peminat alias tidak laku.

Pada hari ini, Kamis (31/01), di kantor Kementerian ESDM, Pemerintah mengumumkan pemenang lelang Wilayah Kerja Migas Konvensional dengan menggunakan skema kontrak bagi hasil Gross Split, hasil lelang Tahap I Tahun 2017.

WK migas ini merupakan lelang pertama yang menggunakan skema Gross Split. Jumlah WK yang ditawarkan adalah 10 WK, terdiri dari 7 WK melalui Penawaran Langsung dan 3 WK melalui Lelang Reguler.

Lelang WK telah dimulai sejak akhir Mei 2017 dan diperpanjang sebanyak 4 kali dikarenakan menunggu pengesahan Peraturan Pemerintah (PP) Perpajakan Gross Split.

Sampai dengan batas akhir penyampaian Dokumen Partisipasi yaitu tanggal 29 Desember 2017, terdapat 7 Dokumen Partisipasi untuk 5 WK yang selanjutnya dilakukan Pembukaan dan Pemeriksaan serta Penilaian Akhir oleh Tim Penawaran untuk memberikan rekomendasi pemenang.

Adapun 5 pemenang lelang WK Migas yang semuanya dari Penawaran Langsung antara lain: WK Andaman I (Mubadala Petroleum (SE Asia) Ltd), WK Andaman II (Konsorsium Premier Oil Far East Ltd-KrissEnergy (Andaman II) BV-Mubadala Petroleum (Andaman II JSA) Ltd), WK Merak-Lampung (PT Tansri Madjid Energi), WK Pekawai (PT Saka Energi Sepinggan), dan WK West Yamdena (PT Saka Energi Indonesia).

"Kita berharap company yang mengambil blok-blok ini adalah company yang benar-benar ingin berinvestasi dan punya tiga hal dari keuangan, teknikal, dan secara legal oke," kata Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar saat pengumuman pemenang lelang WK Migas 2017.

Sementara untuk 5 WK Migas yang belum laku dari Penawaran Langsung adalah WK South Tuna. Sedangkan untuk 4 WK Migas lagi yang lewat Lelang Reguler semuanya tidak ada peminatnya. Keempat WK tersebut adalah Kasuri III, Tongkol, East Tanimbar, dan Memberamo. Untuk 5 WK Migas yang belum diminati tersebut akan menjadi Wilayah Kerja Available dan akan ditawarkan kembali pada periode penawaran WK Migas selanjutnya. RH