Senin, 15 Januari 2018

Widar, Anak Usaha PGN Pasok Listrik ke Pelabuhan Indonesia

Jakarta, OG Indonesia -- PT Widar Mandripa Nusantara (Widar) yang merupakan salah satu anak perusahaan PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk, telah berhasil memasok listrik sebesar 3,3 megawatt (MW) ke Kawasan Pelabuhan PT Terminal Teluk Lamong, Jawa Timur.

Pasokan listrik tersebut berasal dari 2 (dua) unit Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) yang merupakan hasil kerja sama operasi dengan antara Widar dengan PT Lamongan Energi Indonesia (LEGI) yang merupakan anak usaha PT Pelabuhan Indonesia (Persero) III.

"Ini merupakan tonggak sejarah bagi kami, memperluas pemanfaatan gas bumi yang efisien dan bersih ke masyarakat, salah satunya ke Pelabuhan Terminal Teluk Lamong," kata Direktur Utama Widar, Rizal Wibisono, Senin (15/01).

Rizal mengatakan, pengoperasian PLTMG untuk memasok kebutuhan listrik di Kawasan Pelabuhan Teluk Lamong tersebut dilakukan secara bertahap. Dimulai pengaliran gas pertama (Gas-In) pada Agustus 2017, yang kemudian dilanjutkan dengan berbagai kajian teknis hingga pada awal tahun 2018, sampai pada akhirnya PLTMG tersebut layak untuk dioperasikan.

"Pada 8 Januari 2018 kemarin, telah dilaksanakan pengujian PLTMG mulai dari Commissioning hingga Reliabilty Run dan PLTMG siap beroperasi secara komersial (COD) pada awal Februari 2018," jelas Rizal.

Rizal menambahkan, terkait pasokan gas ke PLTMG tersebut berasal dari infrastruktur jaringan pipa gas bumi PGN di wilayah Jawa Timur.

"Kerja sama ini diharapkan dapat terus berlanjut sebagai wujud sinergi BUMN, terutama bagi PGN dan Pelindo III melalui anak usaha masing-masing, dan secara khusus kerja sama Widar dan LEGI ini berkesinambungan sesuai dengan perkembangan Pelabuhan Teluk Lamong," tutup Rizal. RH